Jakarta, Jakarta Barat, Masjid

Masjid Al Anshor Jakarta Barat

Masjid Al Anshor Jakarta adalah masjid yang disebut sebagai masjid tertua di seluruh Kota Jakarta. Lokasi Masjid Al Anshor kini seolah terjepit di sebuah gang kecil bernama Jl. Pengukiran II atau Gang Koja, tak jauh dari Jl. Pejagalan Raya, Jakarta Barat.

Keberadaan Masjid Al Anshor diketahui dari mesigit atau laporan seorang pendeta kepada Dewan Gereja pada 1648, yang menyebutkan adanya masjid dan sekolah agama Islam untuk belajar mengaji di Kampung Pekojan. Masjid yang disebutkan itu adalah Masjid Al Anshor.

Halaman dan pemakaman, termasuk makam pendiri masjid, yang dulu ada di sekitar masjid kini sudah tidak ada lagi. Masjid yang yang dibangun oleh para pedagang pendatang keturunan Gujarat dan Bengal ini berukuran sekitar 12 x 12 m.

Masjid Al Anshor telah mengalami renovasi setidaknya pada 1973 dan 1985, sehingga sulit untuk mengetahui bagian mana yang masih asli di masjid ini.

Yang masih asli konon adalah jendela berkisi, pintu, dan palang kayu pada atap. Keeempat tiang penyangganya ada yang mengatakan masih asli, ada juga yang menyebut sudah diganti baru.

Masjid Al Anshor tidak memiliki kubah, dan atapnya berbentuk limasan dengan penutup genteng, sama seperti masjid-masjid di Jawa pada umumnya.

Masjid Al Anshor Jakarta

Alamat : Jl Pengukiran II, Pekojan, Jakarta Barat.
Lokasi GPS : -6.138851, 106.805784, Waze. Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 07, 2018.