Jawa Tengah, Pekalongan, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Pekalongan

Catatan lengkap Tempat Wisata di Pekalongan, Jawa Tengah. Pekalongan adalah nama Kota Madya dan Kabupaten dengan ibukota kabupaten berada di Kota Kajen, 25 km sebelah Selatan Kota Pekalongan. Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, Batang di Timur, Banjarnegara di Selatan, dan Pemalang di sebelah Barat.

Pekalongan, dengan kode area 0285, memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa, tempat transit dan pelelangan ikan nelayan dari berbagai daerah. Kuliner khas Pekalongan adalah megono (irisan nangka dicampur sambal bumbu kelapa), petai dan ikan bakar.

Tempat Wisata di Pekalongan juga tak terlepas dari kenyataan akan keunikan wilayah ini sebagai kota yang memiliki sejumlah ulama kondang, dari jaman dulu hingga sekarang, serta bisnis batik yang berkembang subur. Sedangkan daerah pegunungan di wilayah ini selain menjadi tujuan tempat wisata juga sebagai area konservasi penting bagi tumbuhan dan satwa langka.

Tempat Wisata di Pekalongan

tempat wisata di pekalonganCurug Bajing
tempat wisata di Pekalongan bagi pecinta suasana alam berupa air terjun elok yang ada di Desa Tlogopakis, di kawasan ekowisata Petungkriyono.

Meskipun dikembangkan belakangan, namun sepertinya ketenaran curug ini sudah mengalahkan Curug Muncar yang dibuka dan terkenal lebih dahulu.

tempat wisata di pekalonganMakam Habib Ahmada Sapuro
Tempat Wisata di Pekalongan bagi para penggemar tempat spiritual yang berada sekitar 100 meter dari jalan Jendral Sudirman, 2 kilometer ke arah barat dari Terminal Induk Kota Pekalongan.

tempat wisata di pekalonganLinggo Asri
Tempat Wisata di Pekalongan untuk keluarga yang berada di tepi jalan provinsi Pekalongan - Banjarnegara, dengan pemandian, arena taman bermain, hutan pinus, kebun binatang mini, kolam renang, penginapan, dan lingga - yoni.

tempat wisata di pekalonganMakam Ki Gede Penatas Angin
Tempat Wisata di Pekalongan untuk penggemar sejarah dan ziarah yang berada di ujung Dukuh Kopeng, Desa Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan di kawasan perbukitan hutan karet.

Bendung Padurekso Karanggondang
Sebuah bendung yang cukup menarik yang berada di Kecamatan Karanganyar.

Bendung Rogoselo
Tempat Wisata Pekalongan di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, dekat mulut jalan dengan gapura Makam Syekh Wali Agung Rogoselo.

Curug Cinde
Desa Depok, Kecamatan Lebak, 24 km dari Kota Kajen, yang dicapai melalui jalan setapak selama 2 jam dengan berjalan kaki dari Desa Depok.

Curug Muncar
Air terjun setinggi 40 m di Desa Curug Muncar, Petungkriyono, 1,5 jam dengan sepeda motor dan lebih lama lagi dengan naik mobil, tergantung kondisi jalan.

Curug Sibedug
Wisata Pekalongan yang ada di pinggir jalan Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono

Bumi Perkemahan
Bumi perkemahan seluas 4 ha di Dusun Dranan, Desa Yosorejo, Pekalongan, yang telah dilengkapi dengan sarana MCK, Pendopo, Pos Jaga dan juga tempat bermain anak.

Ekowisata Petungkriyono
Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan peninggalan sejarah.

Eks Rumah Dinas Residen Pekalongan
Bangunan tua peninggalan dari jaman kolonial bernama itu resmi Rumah Dinas Jabatan Kepala Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) III Jawa Tengah.

Gua Batu Doro
Dukuh Kopeng, Desa Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, seratus limapuluh meter dari Makam Ki Gede Penatas Angin

Gereja Katolik Santo Petrus Pekalongan
Gaya bangunannya yang menyerupai bangunan Eropa dengan pilar-pilar tinggi. Lokasi gereja ini memang sangat strategis, berada di dekat Jembatan Loji

Hotel di Pekalongan
Catatan lengkap hotel dan penginapan di Pekalongan

Kolam Renanf Tirta Sari
Jl Perintis Kemerdekaan No 44 Pekalongan

Kampung Batik Pesindon
Jl Hayam Wuruk Pekalongan

Kelenteng Po An Thian
Jl. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian atau Bao An Dian berarti “Istana Mustika Keselamatan”, didirikan pada 1882.

Kerkop Panjang Wetan
Sisa-sisa kubur orang Belanda yang akses masuknya berada di Jl WR Supratman, Kota Pekalongan

Lapangan Jetayu Pekalongan
Area lapangan yang cukup luas ini juga dikenal sebagai Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan, merupakan kawasan terbuka hijau yang juga menjadi taman bermain segala usia.

Jembatan Lengkung Lolong »
Wisata Pekalongan yang berupa sebuah jembatan peninggalan dari jaman kolonial yang melintang tinggi di atas sungai yang dalam di bawahnya.

Makam Adipati Jayeng Rono
Desa Kauman Kec. Wiradesa

Makam Mbah Gendhon
Nama aslinya Mohammad Ashral, lokasi makam ada di Desa Kauman, Kecamatan Kesesi

Makam Ibu Agung Siti Ambariyah
Desa Bukur, Kecamatan Bojong Pekalongan

Makam Syekh Maja Suta
Di tengah lahan persawahan dan ladang Desa Tlogopakis, Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan

Makam Syekh Wali Agung Rogoselo
Pinggang bukit di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan

Makam Tumenggung Jayengrono
Mendiang Bupati Wiroto, kini bernama Wiradesa, berada di Dusun Kauman, Desa Kauman, Kecamatan Wiradesa, di belakang Masjid Jami’ Al Mubarok.

Masjid Aulia Sapuro
Lokasinya berjarak 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yang berdiri sejak 1714 dengan tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.

Masjid Agung Al Jami Pekalongan
Jl. KH Wahid Hasyim, depan Alun-alun Kota Pekalongan, dibangun oleh Tumenggung Adinegoro Aryo Wiryo Pekalongan pada 1852.

Masjid Wakaf
Masjid tua bersejarah yang ada di JL. Surabaya, No. 47, Sugih Waras, Kota Pekalongan

Pantai Depok
Tempat wisata di Pekalongan yang ada di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, dengan arena bermain anak-anak dan sejumlah tempat berteduh untuk menyaksikan panorama pantai dari jarak jauh.

Pantai Pasir Kencana
Dekat Tempat Pelelangan Ikan dan Muara Pelabuhan Pekalongan, 4,5 km dari Kota Pekalongan, dengan matahari terbit dan terbenam, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan.

Museum Batik Pekalongan
Wisata Pekalongan di Jl. Jatayu No 3 Kota Pekalongan dengan koleksi batik dari Jogja, Surakarta, Cirebon, Pekalongan, Lasem, Rembang, Tuban dan Sidoarjo, serta batik kuno.

Pantai Slamaran
Sebelah timur Pantai Pasir Kencana, 5 km dari pusat kota, terkenal dengan legenda Ratu Pantai Utara Pekalongan, Dewi Lanjar, dengan matahari terbit dan terbenam.

Pantai Wonokerto
Desa Wonokerto, Wonokerto, 5 km dari Jalan Raya Wiradesa, yang merupakan perkampungan nelayan dengan sedekah laut pada bulan Dhulkaidah.

Pasar Grosir Batik Setono
Jl. Raya Baros, di Jalan Raya Cirebon - Semarang, sekitar 3 km dari pusat Kota Pekalongan.

Pemandian Air Panas Tirto Bumi
Jl. Jend. Sudirman No. 135 Pekalongan dengan air panas yang alami, mengandung belerang.

Pekalongan Mangrove Park
Wisata Pekalongan berupa hutan mangrove buatan yang elok di Kelurahan Bandengan dan Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara

Pendopo Kajen Pekalongan
Pendopo yang cukup megah dengan lingkungan sekitar luas dan asri, serta jalanan di bagian depan yang sangat lebar.

Peta Wisata Pekalongan
Peta yang berisi lokasi dan data GPS tempat wisata di wilayah Pekalongan, lengkap dengan petunjuk arah ke lokasi tujuan.

Petilasan Ki Ageng Cempaluk
Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, juga dikenal sebagai Ki Ageng Ngerang, ayah dari Tumenggung Bahurekso.

Petilasan Sunan Ampel
Dukuh Kaso Tengah, Desa Doro, Kecamatan Doro.

Pohon Beringin Trembesi
Pohon beringin besar dengan pohon trembesi menjulang di tengahnya Jl Patiunus, pohon yang unik di bantaran Sungai Kupang.

Petilasan Syekh Siti Jenar
Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro Pekalongan

Petilasan Tumenggung Bahurekso
Dusun Padurekso, Desa Legok Kalong, Kecamatan Karanganyar, yang hidup di awal terbentuknya wilayah Pekalongan dan Batang.

Pura Kalingga Satya Dharma, berada di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Pura Lingga Buana Ksira Arnawa
Sebuah pura Hindu yang ada di Jl. Pandanarum, Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara

Situs Baron Sekeber
Tempat wisata di Pekalongan berupa arca peninggalan dari jaman Hindu Buddha di Dukuh Kaum, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan

Situs Gedong »
Situs tua dengan kisah legenda di Desa Tlogopakis, Petungkriyono

Situs Lingga Yoni
Peninggalan kebudayaan Hindu di tengah persawahan Desa Tlogopakis, Petungkriyono

Tempat Wisata Kuliner di Pekalongan »
Catatan tempat wisata kuliner di Pekalongan yang wajib untuk dicicip

TPI Kota Pekalongan »
Gerbang masuk berada di kawasan PPNP (Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan). Lokasinya persis di samping Sungai Loji, sekitar 500 meter sebelum muara.

Vihara Vajra Bumi »
Jl. Belimbing, 96, Pekalongan

Watu Bale »
Sejumlah batuan beku vulkanik raksasa dengan posisi unik yang di tebing bukit kawasam Hutan Karet, Desa Pungangan, Kecamatan Doro.

Watu Ireng
Desa Lambur, Kandangserang, 17 km dari Kota Kajen, berupa batu hitam besar yang bagian dalam batunya diduga memiliki rongga.

Wisata Alam Lolong
Tempat wisata di Pekalongan yang ada di Desa Lolong, 6 Km dari Kota Karanganyar, terkenal dengan buah duriannya, dan jembatan batu melengkung sepanjang 25 m yang dibangun Belanda pada tahun 1927.

Wisata Alam Rogoselo
Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.

Wisata Bahari »
Sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, dengan beragam hiburan seperti akuarium ikan laut dan air tawar, dan taman bermain anak.

Selamat menikmati Tempat Wisata di Pekalongan


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 17, 2018.