Banten, Karangbolong, Pantai, Serang

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Anyer Serang baru saya ketahui setelah beberapa kali melewati sisi jalan dimana pantai itu berada, dan 'ditemukan' secara tidak sengaja. Betapa senangnya perasaan hati ketika mendapat suatu pengetahuan baru atau sepotong informasi yang bermanfaat, tanpa sengaja, meski itu sangat sederhana atau remeh sekalipun.

Tempat parkir Pantai Karang Bolong yang terletak di sebelah kiri jalan berseberangan dengan letak Pantai tampaknya mampu menampung ratusan kendaraan, hanya saja perlu ditata agar rapi dan menyenangkan bagi para pengendara mobil.

Awalnya saya hanya ingin menikmati kelapa muda sebelum masuk ke Karang Bolong, namun akhirnya dilanjut makan berat dengan lauk ikan kerapu, cumi goreng, kangkung, pete bakar dan lalapan. Makanannya cukup lezat, namun harganya sangat mahal, sangat tidak wajar, bahkan untuk ukuran orang Jakarta sekali pun.

Harga makanan yang gila-gilaan dan sangat tidak wajar di warung Pantai Karang Bolong ini rupanya sudah memakan banyak korban. Saran saya, jangan sekali-sekali makan di warung yang di menu makanannya tidak mencantumkan harga makanan. Anda akan menyesal setelah makan, meski enak sekalipun. Namun setelah sempat ramai, sepertinya sudah ada perbaikan soal yang satu ini.

Di dekat lintasan jalan menuju ke pantai terdapat tengara yang berisi informasi tentang sejumlah fasilitas yang bisa dijumpai di area Pantai Karang Bolong, yaitu Bukit Karang Bolong, Pondok Karang Bolong, joglo / warung betah, cenderamata / kantin, pemandian air laut, taman ria, kolam renang, musholla, dan juga toilet.

Sebuah batu karang berukuran kecil bisa dilihat melalui lubang besar di tengah Karang Bolong yang bentuknya menakjubkan. Karang Bolong itu berada di ujung area pantai di sebelah kanan, dicapai dengan berjalan kaki beberapa puluh meter setelah membayar tiket masuk di pos jaga. Sebelumnya saya melewati seorang pria yang tengah menikmati sarapan paginya di depan sebuah pohon tua dengan akar keriting yang menonjol di permukaan tanah.

Pohon itu sudah terlihat berusia sangat tua, dan bentuk akarnya merupakan salah satu pemandangan yang menarik di Pantai Karang Bolong ini. Di dekat lubang Karang Bolong ini ada tempat terbuka beralas pasir cukup luas yang saat itu tengah digunakan oleh serombongan pengunjung dalam jumlah yang lumayan banyak untuk melakukan berbagai macam permainan dan lomba kelompok.

Kami menapaki lintasan berundak yang agak sempit tepat di atas bukit Pantai Karang Bolong Serang yang curam di beberapa bagian, namun pemandangannya cantik menuju ke arah puncak bukit Karang Bolong, dihiasi dengan lilitan sulur dan dahan pohon yang sangat tua dan besar. Sungguh keputusan tepat untuk makan lebih awal tadi, meskipun harus membayar mahal yang sangat tidak wajar.

Memang diperlukan energi yang memadai untuk mendaki bisa sampai ke atas, khususnya bagi orang yang agak jarang berolah raga. Lintasan ini merupakan salah satu bagian terindah dan mengasyikkan di Pantai Karang Bolong Serang yang harus dicoba ketika berkunjung ke sana. Bukan saja lintasannya yang unik dan indah, namun ketika sampai di puncak akan terlihat pemandangan ke arah laut dan pantai yang tak kalah indahnya.

Di salah satu bagian di puncak bukit Karang Bolong saya bisa melihat kawasan pantai yang penuh dengan karang yang terserak di sepanjang bibir lautnya. Di puncak karang, dan di sepanjang Pantai Karang Bolong, terdapat tempat duduk memadai dimana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati silir angin laut dan pemandangan yang indah.

Sayang saat itu langit berawan tebal sehingga saya tidak bisa melihat Gunung Anak Krakatau, dan masih terlalu lama untuk menunggu saat matahari tenggelam. Saya meninggalkan Pantai Karang Bolong sekitar tengah hari, dan mungkin lain kali akan datang lagi untuk menikmati senja dan pemandangan Gunung Anak Krakatau. Dan saat itu saya tak akan sudi makan di warung tanpa daftar harga makanan dan minuman.

Dari puncak bukit Pantai Karang Bolong ada undakan menurun ke arah sisi yang berbeda dari sisi kedatangan dan berakhir pada sebuah gazebo dengan pemandangan yang elok ke arah laut lepas, dan juga ke arah pantai. Tempat ini tampaknya menjadi pilihan yang baik untuk menikmati suasana senja di sana.

pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang pantai karang bolong anyer serang

Untuk ke Pantai Karang Bolong Serang, masuk ke jalan tol dalam kota Jakarta ke arah barat; naik ke jembatan menuju tol Jakarta-Merak; keluar di pintu tol Serang Barat; lewati kota Cilegon menuju ke arah pantai Carita. Ketika sampai hotel Marbella, lihat penunjuk jarak di dashboard mobil anda; Pantai Karang bolong berjarak sekitar 3 km dari hotel Marbella.

Alamat Pantai Karang Bolong berada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Serang, Banten. Lokasi GPS : -6.167393, 105.8507717, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Harga tiket masuk : Rp.5.000 per orang. Hotel di Serang, Tempat Wisata di Serang, Peta Wisata Serang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 22, 2021.