Jakarta, Jakarta Pusat, Museum

Museum Sejarah Nasional Indonesia

Secara tak sengaja saya berkunjung ke Museum Sejarah Nasional Indonesia di Monas, Jakarta Pusat, setelah batal naik ke puncak Monas karena antrian yang sangat panjang. Maklum hari Sabtu, dan masih relatif pagi, waktu yang semua orang menduga lebih sepi, namun yang terjadi justru sebaliknya, karena orang berpikir sama.

Museum Sejarah Nasional Indonesia lokasinya sangat dekat dengan lift ke puncak Monas, tepatnya 3 meter di bawah permukaan halaman Tugu Monumen Nasional. Ruangannya berbentuk bujur sangkar yang berukuran 80 X 80 meter, dengan lantai, dinding, dan tiang berlapis marmer.

Masuk ke area museum terlihat deretan diorama berjumlah 48 buah. Diorama dimulai dengan kehidupan jaman pra-sejarah, berlanjut masa kejayaan Sriwijaya dan Majapahit, masa penjajahan, masa perjuangan mengusir penjajah, pergerakan nasional Indonesia, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan, dan diorama jaman Orde Baru.

Ada sebuah diorama di Museum Sejarah Nasional Indonesia yang menggambarkan kedatangan Cheng Ho ke Majapahit pada 1405 semasa pemerintahan Raja Wirakramawardhana, suami Kusumawardhani, putri Hayam Wuruk. Sejak Majapahit mengalami zaman keemasan, hubungan persahabatan dengan negara-negara tetangga berlangsung dengan baik.

Kedatangan Cheng Ho yang muslim memberi pengaruh pada berdirinya kelenteng untuk menghormatinya di beberapa tempat di Jawa yang jamaahnya tidak makan babi. Diorama di bagian ini menggambarkan jaman kejayaan kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Indonesia Purba

Kehidupan masyarakat Indonesia Purba yang hidup antara 3000 - 2000 SM juga ada dioramanya di Museum Sejarah Nasional Indonesia Monas. Peninggalan budaya jaman megalitikum itu tersebar di seluruh Nusantara, seperti Situs Cibalay, Gunung Padang, dan di Pasemah, berupa alat serpih, menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, punden berundak, dan arca.

Diorama lainnya di bagian ini adalah peristiwa Sumpah Palapa Mapatih Gajah Mada pada 1331, pembangunan Bendungan Waringin Sapta pada abad ke-11 oleh Airlangga untuk mengendalikan air Kali Brantas serta untuk saluran irigasi.

Ada pula kesibukan Pelabuhan Sriwijaya pada abad 8 - 13 M yang menjadi jalur utama perdagangan Indonesia - Tiongkok - India, dan berdirinya Candi Borobudur pada 824 M oleh Raja Samaratungga dari keluarga Syailendra.

Taman Siswa

Selanjutnya ada diorama di Museum Sejarah Nasional Indonesia tentang didirikannya perguruan Taman Siswa di Yogyakarta pada 3 Juli 1922 oleh Ki Hajar Dewantara yang dijiwai semangat nasionalisme. Pada 1935 berlangsung Kongres Pendidikan Nasional pertama yang untuk menggalang persatuan dan mencari rumusan pendidikan nasional.

Lalu penggambaran suasana Gedung Stovia, ketika para mahasiswa kedokteran pribumi menyelenggarakan rapat pada 8 Mei 1908 dan melahirkan Boedi Oetomo sebagai awal pergerakan nasional Indonesia. Gedung STOVIA itu kini menjadi Museum Kebangkitan Nasional.

Diorama lainnya di Museum Sejarah Nasional Indonesia menggambarkan Pertempuran Sunda Kelapa. Pada 1522 Raja Pajajaran meneken persetujuan dengan Henrique Leme yang memberi hak orang Portugis membangun benteng di Sunda Kelapa.

Fatahillah

Untuk membendung pengaruh Portugis yang telah menguasai Malaka sejak awal abad ke-16, Raja Demak Sultan Trenggono mengirim Fatahillah dengan pasukannya yang berhasil mengalahkan armada Portugis dalam pertempuran di Pelabuhan Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527, dan lalu mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta atau kota kemenangan.

Bagian ini berisi diorama yang menggambarkan era dimulainya penjajahan dan perjuangan di berbagai daerah untuk mengusir mereka dari bumi Nusantara. Diantaranya pada 1619 Jan Pieterszoon Coen memimpin VOC menduduki Jayakarta setelah sebelumnya mengalahkan Kesultanan Banten. Jayakarta kemudian berubah nama menjadi Batavia.

Sejumlah diorama lainnya adalah Puputan Jagaraga (1848-1849), perlawanan Sisingamangaraja (1877-1907), Perang Aceh (1873-1904), Perang Banjar (1859-1905), Perang Paderi (1821-1837), Perang Diponegoro (1825-1830), Perlawanan Pattimura (1817), dan Pertempuran Somba Opu (8-9 Agustus 1668).

Peristiwa penting lainnya adalah didirikannya perkumpulan Muhammadiyah pada 18 November 1912 di Yogyakarta oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan. Muhammadiyah menjadi alat pembangunan jiwa kebangsaan melalui kegiatan pendidikan, sosial budaya, dan keagamaan.

Indonesische Vereeniging

Ada pula koleksi berisikan kegiatan Indonesische Vereeniging (Perhimpunan Indonesia, PI) yang berdiri di Belanda pada 1922. Pada 1927 mereka ikut Kongres Pergerakan Antikolonialisme di Brussel. Sejak itu PI memulai pergerakan menuntut kemerdekaan Indonesia, hingga Pemerintah Belanda menangkap para pemimpinnya. Namun pengadilan memutus mereka tidak bersalah.

Selanjutnya adalah penggambaran suasana saat pengesahan Pancasila sebagai landasan falsafah negara dan UUD 1945 pada rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945 yang berlangsung di Pejambon Jakarta. Rapat itu juga memilih Soekarno - Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Berikutnya adalah diorama proklamasi kemerdekaan, yang didahului Peristiwa Rengasdengklok, dan rapat di Jl Imam Bojol 1, Jakarta untuk merumuskan naskah proklamasi yang kini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Pada 22 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia menetapkan Barisan Keamanan Rakyat untuk memelihara keamanan dan ketertiban umum di wilayahnya masing-masing, dan tanggal 5 Oktober 1945 keluar dekrit pemerintah tentang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat yang diperingati sebagai lahirnya ABRI.

Pertempuran Surabaya

Juga ada diorama peristiwa pertempuran heroik di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Kisah pertempuran menggetarkan itu bisa dibaca di catatan Monumen Suryo. Mallaby, Jenderal Inggris yang kematiannya menjadi pemicu serangan Sekutu ke Surabaya, dikubur di Makam Perang Jakarta.

Selanjutnya adalah upacara Pengakuan Kedaulatan di Jakarta yang dipimpin Hamengku Buwono IX. Perjuangan militer dan diplomasi, memaksa Belanda ke meja perundingan. Pada 7 Juli 1949 tercapai kesepakatan penyelenggaraan Konferensi Meja Bundar. Pada KMB di Den Haag 27 Desember 1949, Belanda mengakui kedaulatan RI dengan pembentukan Republik Indonesia Serikat.

kedatangan Cheng Ho ke Majapahit Kedatangan Cheng Ho ke Majapahit pada 1405 semasa Raja Wirakramawardhana yang adalah suami Ratu Kusumawardhani, putri dari Raja Hayam Wuruk.

Pertempuran Sunda Kelapa Fatahillah-Portugis Pertempuran di Pelabuhan Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527 dimana pasukan Fatahillah berhasil mengalahkan armada Portugis.

Berdirinya perguruan Taman Siswa Ki Hajar Dewantara Berdirinya perguruan Taman Siswa di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 1922 oleh Ki Hajar Dewantara.

Pengesahan Pancasila sebagai landasan falsafah negara dan UUD 1945 pada rapat PPKI, 18 Agustus 1945.

Konferensi Asia – Afrika Konferensi Asia – Afrika, 18 – 24 April 1955, yang membicarakan usaha bagi penyelamatan dunia dari bencana perang nuklir, dan pembentukan dunia baru yang aman dan damai, bebas dari kolonialisme. Konferensi ini diikuti oleh 30 negara Asia dan Afrika.

Belanda menyerah tanpa syarat kepada Tentara Jepang di Kalijati Panglima Angkatan Bersenjata Belanda menyerah tanpa syarat kepada Tentara Jepang di Kalijati, Jawa Barat, pada Maret 1942. Diperlihatkan pada diorama gambaran para pekerja Romusha yang banyak sekali tewas setelah dipaksa membangun pangkalan militer, landasan pesawat terbang, jalan dan jembatan oleh tentara pendudukan Jepang.

Pemberontakan Tentara PETA di Blitar Pemberontakan Tentara PETA di Blitar, 14 Februari 1945. Pada Oktober 1943 Pemerintah Pendudukan Jepang membentuk tentara Pembela Tanah Air, namun perasaan benci terhadap tentara Jepang semakin memuncak ketika membangun kubu-kubu pertahanan bersama romusha. Menyaksikan penderitaan rakyat dan keinginan untuk merdeka, Supriyadi memimpin pemberontakan batalyon PETA Blitar dengan menyerbu markas militer Jepang.

Proklamasi kemerdekaan Diorama Proklamasi kemerdekaan di Museum Sejarah Nasional Indonesia.

Lahirnya ABRI 5 Oktober 1945 Diorama lahirnya ABRI pada 5 Oktober 1945, berlatar Candi Borobudur.

Pertempuran Surabaya Hari Pahlawan Diorama Pertempuran Surabaya.

Kegiatan Gereja Katolik Roma Kegiatan Gereja Katolik Roma dalam proses penyatuan bangsa. Perhimpunan Politik Katolik Indonesia ikut menandatangani petisi Soetardjo 1936 yang menuntut pemerintah kolonial untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

Kongres Pemuda kedua Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, yang dicetuskan pada Kongres Pemuda kedua di Jakarta, di tempat yang kini menjadi Museum Sumpah Pemuda. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan pertama kali dalam peristiwa yang sangat bersejarah ini.

Digul 1927 Suasana Digul pada tahun 1927. Pada 1926 dan 1927 timbul pemberontakan terhadap pemerintah Belanda di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Barat yang ditumpas dengan kejam. Sekitar 13.000 orang ditangkap, dan 1300 diantaranya dibuang ke Tanah Merah, Digul. Digul kemudian juga menjadi tempat pembuangan bagi Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir.

lahirnya Boedi Oetomo Rapat mahasiswa kedokteran pribumi, 8 Mei 1908 di Gedung Stovia, yang melahirkan Boedi Oetomo. Konsolidasi dilakukan pada kongres 4-5 Oktober 1908 di Yogyakarta.

Perhimpunan IndonesiaKegiatan Indonesische Vereeniging atau Perhimpunan Indonesia berdiri di Belanda pada tahun 1922. Perkumpulan yang semula bertujuan hanya untuk mengadakan pesta dansa dan pidato-pidato itu kemudian menjadi wadah pergerakan para pelajar di Belanda untuk memikirkan masa depan Indonesia dan menyebarkan ide-ide antikolonial. Pemerintah Belanda kemudian menangkap para pemimpin perhimpunan ini, yakni Mohammada Hatta, Abdul Madjid, Ali Sastroamidjojo, dan Nasir Datu Pamuntjak. Namun pengadilan memutus mereka tidak bersalah.

berdirinya Muhammadiyah Muhammadiyah didirikan pada tanggal 18 November 1912 di Yogyakarta oleh Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Kebangkitan Nasional dr. Sutomo Boedi Oetomo didirikan oleh dr. Sutomo dan kawan-kawan pada 20 Mei 1908, awal Kebangkitan Nasional, melanjutkan cita-cita dr. Wahidin untuk menghimpun tokoh-tokoh pergerakan nasional.

Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang Kartini 1879-1904. Buah pikirannya dalam surat-surat yang dikirim kepada para sahabatnya di negeri Belanda kemudian dikumpulkan dan diterbitkan menjadi buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sekolah Kartini Diorama sekolah Kartini dari sudut pandang berbeda.

Gereja Protestan Kegiatan Gereja Protestan dalam Penyatuan Bangsa. Pada 1930 berdiri Perserikatan Kaum Christen dan Partai Kaum Masehi Indonesia yang merupakan bagian gerakan nasional.

Tanam PaksaTanam Paksa, 1830-1870, dibuat oleh Gubernur Jenderal Van den Bosch yang memaksa rakyat di Jawa menanami sebagian besar tanah mereka dengan tanaman yang laku di Eropa, seperti nila, kopi, teh, lada, gula, dan kayu manis.

Puputan JagaragaPertempuran Jagaraga 1848-1849. Pertempuran rakyat Bali melawan Belanda yang terjadi di depan Pura Dalem Jagaraga berakhir dengan gugurnya seluruh isi pura sehingga kemudian terkenal sebagai Puputan Jagaraga.

Puputan JagaragaDiorama Puputan Jagaraga dari sudut pandang berbeda.

Perlawanan SisingamangarajaPerlawanan Sisingamangaraja 1877-1907. Bentrokan pertama antara pasukan Sisingamangaraja dan pasukan Belanda terjadi pada 15 Februari 1878. Pada pertempuran di Tanggabatu dekat Balige tahun 1884, pasukan Sisingamangaraja memukul mundur tentara Belanda.

Perang AcehPerang Aceh 1873-1904. Serangan pertama Belanda gagal, dan memakan korban panglimanya yang bernama Kohler dalam pertempuran di halaman Masjid Agung Baiturrahman, Banda Aceh.

Perang BanjarPerang Banjar, 1859-1905, dipimpin oleh Pangeran Antasari. Penyerangan terhadap kapal Belanda Onrust di Lontartur dilakukan oleh Pangeran Suropati, saudara Pangeran Antasari.

Perang PaderiPerang Paderi, 1821-1837, dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol yang didukung ulama dan kaum adat.

Perang DiponegoroPerang Diponegoro tahun 1825-1830, membuat Belanda kehilangan 15.000 tentara. Dalam pertempuran di sekitar Kali Bogowonto, Diponegoro berhsil mengalahkan pasukan kavaleri Belanda. Diponegoro dijebak dan ditangkap di Magelang pada 28 Maret 1830. Makam Pangeran Diponegoro ada di Makassar.

perang PattimuraRakyat Maluku tidak mau menerima politik monopoli Belanda dan mengangkat senjata dibawah pimpinan Pattimura. Pada 15 Mei 1817 Pattimura dan rakyat Maluku menyerbu dan merebut Benteng Duurstede di Saparua.

Pertempuran Benteng Somba OpuPertempuran mempertahankan Benteng Somba Opu yang berlangsung pada 8-9 Agustus 1668, dipimpin oleh Sultan Hasanuddin.

Armada Dagang BugisArmada Dagang Bugis pada abad ke-15. Luasnya daerah yang dikunjungi bisa dilihat pada tulisan tentang hukum laut Amanna Gappa dan peta laut Bugis.

pondok pesantrenDiorama tentang peranan pesantren dalam penyatuan bangsa di abad ke-14, melalui pendidikan di pesantren dan pondok yang dilakukan oleh guru agama, kia, dan ulama.

Armada Perang Kerajaan MajapahitDiorama lainnya yang elok adalah penggambaran Armada Perang Kerajaan Majapahit pada abad ke-14. Majapahit memperkuat armada perangnya untuk menjaga keutuhan wilayah Nisantara serta untuk mengatasi gangguan keamanan diantaranya oleh armada Tiongkok. Setelah Majapahit, tidak ada lagi kerajaan di Jawa yang memiliki armada laut yang kuat.

armada SriwijayaSebagai negara kepulauan mestinya Indonesia menjadi negara maritim yang kuat, sebagaimana dahulu Sriwijaya dan Majapahit. Kekuatan maritim yang kuat bukan saja menjadi pertahanan buat keutuhan negara kesatuan RI namun juga untuk menjaga kekayaan alam yang ada di laut.

Sumpah Palapa Gajah Mada Peristiwa Sumpah Palapa oleh Mapatih Gajah Mada pada 1331. Ia bersumpah untuk tidak makan Palapa (nasi dan lauknya) sebelum Nusantara disatukan dibawah Majapahit. Sumpah itu mendahului idealisme persatuan Indonesia, yang diperjuangkan oleh para perintis kemerdekaan sejak 1908.

Candi JawiA Diorama Candi Jawi yang dibangun pada 1292 pada jaman Kartanegara, gabungan Candi Siwa dan Buddha. Kartanegara adalah raja terakhir Kerajaan Singasari, sebuah kerajaan Hindu dekat Pandakan, Jawa Timur. Di bagian atas candi ini terdapat patung Buddha Aksobhya, sedangkan di bagian bawahnya terdapat Arca Siwa Mahadewa.

Bendungan Waringin Sapta AirlanggaPembangunan Bendungan Waringin Sapta yang dibuat pada abad ke-11 oleh Raja Airlangga untuk mengendalikan aliran Kali Brantas dan untuk membuat saluran irigasi bagi petani.

Raja Samaratungga Diorama kehidupan pada masa kejayaan kerajaan Jawa lama, ditandai dengan didirikannya Candi Borobudur pada 824 M oleh Raja Samaratungga yang mendapat sumbangan dari para penganut agama Budha. Borobudur yang berbentuk stupa raksasa itu menjadi cermin alam semesta.

pembangunan Candi BorobudurPembangunan Candi Borobudur konon menghabiskan hampir dua ribu kaki kubik batu. Di dalamnya terdapat 504 Arca Budha, serta sejumlah 1555 stupa ukuran besar kecil.

Pelabuhan Sriwijaya Pelabuhan Sriwijaya pada abad 8 – 13 M di Museum Sejarah Nasional Indonesia. Pelabuhan samuderanya menjadi titik simpang jalur utama perdagangan Indonesia – Tiongkok – India yang membuat Sriwijaya menjadi pusat perdagangan dan budaya di Asia dan membawa kemakmuran bagi rakyat dan Dinasti Syailendra.

Indonesia PurbaMasyarakat Indonesia Purba yang hidup antara 3000 – 2000 SM. Pada jaman megalitikum itu sudah ada kehidupan masyarakat yang teratur dengan peninggalan budaya tersebar di seluruh Indonesia, seperti di Besuki, Cabenge, Cibalay, Gilimanuk, Gunung Padang, dan di Pasemah. Hasil budaya megalitikum yang terpenting adalah alat serpih, menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, punden berundak, dan arca. Di Situs Cibalay masih banyak peninggalan jaman megalitikum yang belum lagi digali.

Penentuan Pendapat Rakyat IrianPenentuan Pendapat Rakyat Irian Jaya (PEPERA) pada 1969 dibawah pengawasan PBB, sebagai pelaksanaan Persetujuan New York tahun 1962. Keputusan Dewan Musyawarah PEPERA dengan suara bulat memilih Irian Jaya tetap bagian RI yang disahkan PBB pada 19 November 1969 dengan 84 suara setuju, 6 menolak, dan 30 suara abstain.

Surat Perintah 11 MaretPresiden Soekarno mengeluarkan Surat Perintah 11 Maret 1966, yang kemudian digunakan oleh Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membersihkan kabinet dari menteri-menteri yang ada indikasi terlibat G 30 S/PKI.

demo Tri Tuntutan RakyatMahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia yang didukung ABRI, partai politik dan organisasi massa mengadakan demonstrasi pada 11 Januari 1966 - 11 Maret 1966 dengan mengajukan Tri Tuntutan Rakyat.

sumur Lubang BuayaPada 1 Oktober 1965, G30 S / PKI melakukan pembunuhan terhadap pimpinan TNI-AD, yang jenazahnya baru diangkat dari sumur di Lubang Buaya pada 4 Oktober 1965. Tanggal 1 Oktober kemudian diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

trikora Tri Komando RakyatPresiden Soekarno mengumumkan Tri Komando Rakyat pada tanggal 19 Desember 1961 di Yogyakarta. Pada 1 Mei 1963 berlangsung upacara penyerahan Irian Jaya kepada Indonesia yang diwakili oleh Sudjarwo Tjondronegoro di Jayapura.

Pemilihan Umum pertamaPemilihan Umum pertama pada tahun 1955 diikuti 48 partai politik untuk memilih wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 29 September 1955, dan untuk memilih wakil-wakil rakyat di Dewan Konstituante pada tanggal 15 Desember 1955.

Konferensi Asia – AfrikaPenggambaran suasana Konferensi Asia – Afrika di Bandung yang berlangsung pada tanggal 18 – 24 April 1955. Pembahasan mencakup usaha penyelamatan dunia dari perang nuklir, dan pembentukan dunia baru yang aman, damai, bebas dari kolonialisme.

Indonesia menjadi anggota PBBIndonesia menjadi anggota PBB pada 28 September 1950.

kembalinya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 1950Diorama yang menggambarkan kembalinya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 1950. Republik Indonesia Serikat yang diterima sebagai sebuah hasil kompromi berlawanan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Rakyat dari seluruh daerah menolak konsep federasi dan menuntut kembalinya negara kesatuan. Oleh karenanya, anggota RIS secara spontan mendeklarasikan penyatuan kembali Republik Indonesia.

upacara Pengakuan Kedaulatan di JakartaDioarama yang menggambarkan suasana upacara Pengakuan Kedaulatan di Jakarta yang dipimpin Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih. Perjuangan militer dan diplomasi melawan militer Belanda, yang berujung pada tekanan Dewan Keamanan PBB, memaksa Belanda ke meja perundingan.

Konferensi Meja BundarPada 7 Juli 1949 tercapai kesepakatan untuk mempersiapkan Konferensi Meja Bundar untuk membicarakan pengakuan kedaulatan Indonesia. Pada KMB yang berlangsung di Den Haag pada 27 Desember 1949 itulah pemerintah Belanda akhirnya bersedia mengakui kedaulatan Indonesia melalui pembentukan Republik Indonesia Serikat.

aksi militer keduaIbukota RI, Yogyakarta, direbut Belanda dalam aksi militer kedua pada tanggal 19 Desember 1948 dan para pemimpin pemerintahan ditangkap. Pemerintahan Darurat dipindahkan ke Bukittinggi, dan Jenderal Sudirman memimpin perang gerilya dan baru kembali pada Juli 1949 setelah tercapai persetujuan dengan Belanda melalui perundingan.

Perang gerilyaPerang gerilya mempertahankan kemerdekaan yang berlangsung tahun 1945 - 1949.

Integrasi Timor TimurIntegrasi Timor Timur tahun 1976.

KTT ke-10 GNBKTT ke-10 Negara-Negara Non Blok pada tahun 1992

N-250 IPTNKeberhasilan uji terbang perdana N-250 produksi IPTN Bandung pada 10 Agustus 1995, dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Fasilitas bagi difabelFasilitas bagi difabel di Museum Sejarah Nasional Indonesia.

Masih ada banyak diorama di Museum Sejarah Nasional Indonesia yang belum disebutkan dalam tulisan ini, yang ada baiknya Anda kunjungi dan lihat sendiri untuk menyegarkan ingatan tentang pergulatan sejarah bangsa ini.

Alamat Museum Sejarah Nasional Indonesia Monas berada di Monumen Nasional, Jalan Silang Monas, Jakarta. Nomor Telp 021-344 7733, 3514333, 3842777. Fax. 021-344 7733. Lokasi GPS : -6.175254, 106.826967, Waze. Jam buka : setiap hari 08.30 - 17.00. Libur tetap buka. Harga tiket masuk : Dewasa Rp 2.500, Rp 7.500 (Pelataran Puncak). Mahasiswa/Anak-anak Rp 1.000, Rp 3.500 (Pelataran Puncak). Nomor Telepon Penting, Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 30, 2021.