Museum di Jakarta

Ada cukup banyak Museum di Jakarta yang telah saya kunjungi, namun masih lebih banyak lagi museum Jakarta yang masih belum tersentuh. Daftar Museum di Jakarta di bawah ini sebagian ditujukan menjadi pengingat untuk meluangkan waktu mengunjungi musuem yang masih tersisa itu.

Sebagian besar museum yang telah saya kunjungi, jika tidak semuanya, kondisinya dalam keadaan bagus, sebagian bisa dikatakan berkelas internasional, yang bahkan orang asing pun akan kagum ketika masuk ke dalamnya. Kita pun berbangga hati bisa memiliki museum terbaik semacam itu.

Lokasi Museum di Jakarta tersebar di kelima wilayah administrasi, yaitu Jakarta Timur yang terpusat di Taman Mini Indonesia Indah, dan ada pula yang di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

museum di jakarta
Museum Bank Indonesia
merupakan salah satu Museum di Jakarta yang terbaik dengan selera penataan koleksi yang indah dan berkelas, berlokasi Jl. Pintu Besar Utara 3, Jakarta, menghadap Stasiun Kota, di sebelah Museum Bank Mandiri.

Museum ini menempati gedung bergaya neo-klasik dengan area parkir cukup luas. Gedung yang dibangun pada 1828 ini sebelumnya digunakan Bank Indonesia Kota dan De Javasche Bank. Rancangan gedung dikerjakan oleh biro arsitek terkenal Ed Cuypers dan Hulswit [selengkapnya]

museum di jakarta
Museum Indonesia
merupakan Museum di Jakarta terbaik lainnya dengan ratusan koleksi bernilai tinggi nan cantik indah yang berada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Museum ini menempati gedung bergaya Jawa Bali berlantai tiga, dengan latar depan potongan batang-batang pohon tua. Patung-patung cantik yang diambil dari kisah Ramayana juga menghias bagian depan serta di sekeliling gedung museum.[selengkapnya]

museum di jakarta
Museum MH Thamrin
adalah Museum di Jakarta yang menempati gedung di Jl. Kenari II / 15, Telp 352 253, pernah digunakan sebagai Sekretariat PPKI, dibuat untuk mengenang ketokohan MH Thamrin, yang namanya digunaka sebagai nama jalan paling bergengsi di Jakarta, selain Jalan Sudirman.

Muhammad Hoesni Thamrin lahir dari keluarga berada di daerah Sawah Besar, Batavia, pada 16 Februari 1894. Ayahnya, Thamrin Mohamad Thabrie, adalah Wedana Batavia pada 1908, jabatan tertinggi kedua bagi orang pribumi setelah Bupati.[selengkapnya]

museum di jakarta
Museum Nasional
merupakan Museum di Jakarta yang terbesar dengan koleksi sangat beragam dan terlengkap di Indonesia, berlokasi di Jl. Merdeka Barat 12, yang juga disebut dengan nama Museum Gajah karena di halaman ada patung gajah.

Cikal bakal terbentuknya Museum Nasional Jakarta adalah adanya Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang didirikan pada 24 April 1778. Ketua perkumpulan yang bernama J.C.M. Radermacher kemudian menyumbang gedung yang ada di Jl Kalibesar serta buku dan benda budaya yang menjadi koleksi awal museum [selengkapnya]

Museum di Jakarta

Museum Artha Suaka berada di lantai 6 Gedung Bank Indonesia yang berada di Jl. Kebon Sirih 82, Jakarta Pusat, menyimpan ribuan koleksi uang dan alat pembayaran.

Museum Asmat » Di dalam kompleks Taman Bunga Keong Emas, TMII, Jakarta Timur, dibangun pada 20 Februari 1986 dan diresmikan pada 20 April 1986.

Museum Bahari Jakarta » Jl. Pasar Ikan No 1, Jakarta, yang menempati sebuah gedung tua yang menyimpan koleksi kelautan nusantara.

Museum Bank Mandiri Jakarta »
Jl. Pintu Besar Selatan, Kota, yang letaknya berseberangan dengan halte Bus TransJakarta Kota.

Museum Bayt Al Qur’an »
Wisata Jakarta di TMII yang diresmikan pada 20 April 1997 di atas tanah seluas 20.000 m² dengan luas bangunan kira-kira sama dengan luas tanahnya.

Museum Cheng Ho
Berada di dalam kompleks Taman Budaya Tionghoa TMII, Jakarta Timur.

Museum Fatahillah »
Jl. Taman Fatahillah No. 2, Jakarta, yang juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta, ada di Kota Tua.

Museum Fauna Indonesia (Komodo) dan Taman Reptilia »
Tepat di sebelah Barat Museum Perangko Indonesia TMII, di sebelah Timur Museum Transportasi, dan berhadapan dengan Museum Timor Timur.

Museum Galeri Foto Jurnalistik Antara »
Menempati gedung tua warisan kolonial di Jalan Antara 59, berada hanya beberapa meter dari pintu masuk Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Museum Hakka Indonesia
Museum yang menyajikan riwayat migrasi orang keturunan Hakka ke Nusantara, filosofi, hingga tokoh-tokohnya yang menonjol di berbagai bidang kehidupan.

Museum Joang '45 Jakarta »
Jl. Menteng Raya 31, menempati gedung bernama Gedung Joang ’45 yang terlihat masih terawat baik.

Museum Katedral »
Di balkon Gedung Katedral Jakarta yang sebelumnya tempat paduan suara gereja. Beralih fungsi menjadi museum karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan lagi.

Museum Kebangkitan Nasional Jakarta »
Jalan Abdul Rahman Saleh No. 26, yang merupakan sebuah museum sejarah yang besar dan indah di Jakarta.

Museum Keprajuritan »
Bersebelahan dengan Museum Transportasi TMII di sisi Timur, Museum Serangga dan Museum Pusaka di sisi sebelah Barat, dan Anjungan Jawa Timur di sisi Utara.

Museum Korps Marinir »
Di kompleks Korps Marinir di Jl. Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Museum ini menyimpan dokumen, peralatan dan perlengkapan yang digunakan Korps Marinir

Museum Layang-layang Jakarta »
Jl H. Kamang No.38, Jakarta, yang dimiliki swasta dan menyimpan layang-layang berbagai daerah.

Museum Listrik dan Energi Baru »
Berada di sebelah Timur Taman Budaya Tionghoa Indonesia TMII dan di sebelah Selatan Museum Minyak dan Gas Bumi. Tepat di Selatan museum ini terdapat Pemancingan Telaga Mina.

Museum Manggala Wanabakti »
Di kompleks Kementerian Kehutanan Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, di samping Gedung MPR. Pintu masuk berada jalan ke arah Jl. Gelora VII.

Museum MH Thamrin Jakarta »
Menempati gedung di Jl. Kenari II / 15, Telp 352 253, pernah digunakan sebagai Sekretariat PPKI.

Museum Minyak dan Gas Bumi »
Berdekatan dengan Taman Burung, Museum Listrik dan Energi Baru, serta Monumen KTT-Non Blok di sisi Timur Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Nasional Jakarta »
Jl. Merdeka Barat 12, yang juga disebut dengan nama Museum Gajah karena di halaman ada patung gajah.

Museum Olahraga »
Di bagian depan kompleks TMII, dengan luas bangunan 3000 m2 terdiri dari 3 lantai, yang dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar.

Museum Patologi Anatomi FKUI »
Di dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dengan koleksi berbagai organ tubuh manusia, janin, dan hewan yang diawetkan.

Museum Penerangan »
TMII, di sebelah Barat Taman Among Putra, berhadapan langsung dengan Anjungan Provinsi Riau, serta di sebelah Timur Sasana Krida Wanita.

Museum Pengkhianatan PKI Jakarta »
Jl. Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta, satu kompleks dengan Monumen Pancasila Sakti.

Museum Perangko Indonesia »
TMII, bangunan museum dibuat dengan arsitektur Jawa Bali. Gapura masuknya berbentuk candi bentar serta pendopo besar luas beratap limasan di bagian depannya.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta »
Jl.Imam Bonjol 1, di sudut jalan setelah lampu Taman Suropati menuju ke Sudirman.

Museum POLRI Jakarta »
Jl. Trunojoyo No.3, Kebayoran Baru, Jakarta, yang merupakan wisata museum terbaru di Jakarta

Museum Purna Bhakti Pertiwi Jakarta »
Jl. Jalan Raya Taman Mini Pintu 1. Kel. Ceger, Cipayung, peninggalan mendiang Soeharto.

Museum Pusaka »
TMII, diapit oleh Museum Keprajuritan dan Museum Serangga, mulai dibangun pada 1 September 1992 dan diresmikan pada 20 April 1993 oleh Presiden Soeharto.

Museum Reksa Artha »
Berada di Jl. Lebak Bulus No. 1, Cilandak, Jakarta Selatan, tidak jauh dari RS Fatmawati.

Museum S. Sudjojono »
Jl. Raya Pasar Minggu, Km.18, Jakarta Selatan, menyimpan karya pelukis S. Sudjojono. Ia lahir di Kisaran, Sumatra Utara, pada 14 Desember 1913.

Museum Sasmita Loka Ahmad Yani »
Lokasinya menempati rumah di Jl Lembang 58 dan Jl Laruharhari 65, Menteng, Jakarta.

Museum Sasmita Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution »
Jl. Teuku Umar No. 40, Menteng, Jakarta Pusat, sebelumnya kediaman Jenderal AH Nasution.

Museum Satria Mandala »
Jl. Gatot Subroto 14-16, Jakarta Selatan, merupakan museum milik Tentara Nasional Indonesia.

Museum Sejarah Nasional »
Tempat wisata di Jakarta yang letak ruangannya tepatnya berada 3 meter di bawah permukaan halaman Tugu Monumen Nasional.

Museum Seni Rupa dan Keramik »
Jl. Taman Fatahillah atau Jl. Pos Kota No. 2, Kota, dekat dengan Museum Sejarah Jakarta.

Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu »
Kompleks TMII, didirikan oleh Pengurus Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Museum Zoologicum Bogoriense (MZB).

Museum Sumpah Pemuda »
Jl. Kramat Raya 106, Jakarta, jalan yang puluhan dan bahkan ratusan kali telah saya lewati.

Museum Taman Prasasti
Jl. Tanah Abang 1, dicapai melalui Jl. Abdul Muis, merupakan museum luar ruang di Jakarta.

Museum Tekstil »
Jalan K.S. Tubun No.4, dengan bangunan bergaya kolonial di atas tanah luas pada jalanan yang sibuk.

Museum Telekomunikasi »
Di sebelah Utara Museum Olahraga Nasional, dan tepat berhadapan dengan atau di sisi Barat area parkir utama Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur

Museum Timor Timur »
Di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah berhadapan dengan Museum Perangko Indonesia dan Museum Fauna Indonesia (Komodo) dan Taman Reptilia.

Museum Tionghoa Indonesia
Salah satu Museum di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi, berada di ujung belakang kiri kawasan Taman Budaya Tionghoa Taman Mini Indonesia Indah.

Museum Transportasi »
Museum luas di TMII dengan koleksi alat transportasi darat berbasis rel dan jalan raya, laut dan udara, baik yang tradisional maupun modern.

Museum Wayang »
Jl. Pintu Besar Utara 27, Kota, Jakarta Barat, yang menempati sebuah bangunan tua sekitar Taman Fatahillah.




. Updated :

Versi Mobile | Kembali ke atas