Buperta, Cibubur, Jakarta, Jakarta Timur, Outbound, Wisata Anak

Kampoeng Maen Buperta Cibubur

Lokasi Kampoeng Maen Buperta Cibubur berada di ujung Timur Laut kompleks Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, berjarak sekitar 1,1 km dari pintu gerbang Buperta. Informasi tentang Kampoeng Maen ini saya peroleh ketika tengah bertanya arah pada seorang pemilik warung rombong di dalam kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Setelah sempat salah arah, sampailah saya di pertigaan di pinggir lapangan rumput yang luas, dengan spanduk besar bertulis "Kampoeng Maen", lalu ada logo rumah dan gambar anak-anak, serta petunjuk arah ke kanan yang memandu saya ke gerbang masuk di sisi lapang berpagar bambu keliling itu.

Gerbang masuk Kampoeng Maen Buperta Cibubur dibuat bernuansa tradisional, sesuai tema kampung yang diusung sebagai tempat permainan dan pendidikan anak-anak. Tiang gerbang masuk dibuat dari batang bambu berkaki tiga yang dihubungkan dengan bambu-bambu pendek dan diikat tali ijuk, dengan atap daun rumbia yang cukup tebal.

Gapura tradisional untuk jalan masuk ke dalam lapangan rumput luas berada hanya beberapa meter dari gerbang masuk yang baru saja saya lewati sebelumnya. Setelah turun dari kendaraan, saya berjalan kaki melihat area hijau asri dan terpelihara ini.

Area Paintball

Di ujung kanan terlihat area paintball, permainan perang-perangan yang memacu adrenalin. Sesaat kemudian saya telah masuk ke sebuah pondok setengah terbuka yang difungsikan sebagai tempat menerima tamu, namun hanya ada seorang petugas keamanan yang berjaga di sana.

Setelah berbincang singkat, petugas itu lalu pergi memberitahu penerima tamu. Di luar, saya melihat dari jauh ada serombongan anak yang tengah bermain. Di tempat menerima tamu ada poster dan brosur yang memberi informasi jenis permainan yang tersedia di Kampoeng Maen Buperta Cibubur. Tak lama kemudian datang petugas penerima tamu, namun tak banyak informasi yang saya dapatkan. Ia hanya menganjurkan untuk menghubungi kantor pusatnya yang nomor teleponnya ada di akhir catatan ini.

Saat itu ada seorang ibu tengah berjalan ke arah pondok penerima tamu, dengan latar belakang anak-anak yang tengah bermain di tanah lapang Kampoeng Maen Buperta Cibubur di ujung sana. Mengira ia orang Indonesia, saya menyapanya. Namun ia menjawab dalam bahasa Inggris dan mengaku dari Malaysia. Ia bersama anak-anak dari sebuah sekolah internasional di Jakarta.

Area Berkemah

Area berkemah berada di seberang lapangan serbaguna Kampoeng Maen Buperta Cibubur, dan tampak cukup memikat. Itu lantaran suasana sekitar area berkemah yang hijau asri tetap terasa teduh dengan pepohonan ramping tinggi meskipun hari sudah mulai beranjak siang. Namun tak terlihat ada tenda yang tengah berdiri di sana.

Saya tak berjalan masuk lebih dalam lagi ke area berkemah yang lumayan luas itu, lantaran waktu yang saat itu agak terbatas. Jika saja ada sepeda yg bisa disewa di sana mungkin saya akan tertarik menaiki dan menggenjotnya untuk mengeksplorasi area berkemah ini, meliuk diantara pepohonan. Berjalan kaki akan memakan waktu lama.

Dari petugas diperoleh informasi bahwa rombongan anak dengan jumlah minimum 10 orang sampai jumlah besar disediakan waktu pada hari Senin s/d Jumat, dengan perjanjian terlebih dahulu. Sedangkan Sabtu - Minggu lazimnya diperuntukkan bagi pengunjung umum perorangan. Namun demikian, rombongan juga bisa bermain di Sabtu - Minggu.

Paket Permainan

Di Kampoeng Maen Buperta Cibubur ada permainan yang siap setiap waktu, dan ada yang perlu dipersiapkan sehingga harus memberitahu beberapa hari sebelumnya. Diantaranya ada Kampoeng Tradisional (membatik, menganyam piring lidi, klotokan, jumputan), Kampoeng Keluarga (berburu harta karun), dan Kampoeng Belanja (games uang miniatur).

Di tempat untuk menerima tamu itu ada poster dan brosur yang memberi informasi jenis permainan yang tersedia di Kampoeng Maen Buperta Cibubur. Dari brosur yang saya peroleh ada cukup banyak paket permainan yang disediakan di Kampoeng Maen Buperta Cibubur. Jika bingung memilih, biasanya petugas bisa membantu memberi saran berdasar pengalaman dengan grup-grup sebelumnya.

Permainan lain yang ada di sana adalah Kampoeng Petualang (flying fox, mini wall climbing, crazy web, benteng repot), Kampoeng Permaenan (ice breaking, fun, team, individual challenge), Kampoeng Karya (kreasi kantong kertas, tepung, PIN, layang2, caping, aksesori), dan Kampoeng Rasa (membuat kue putu, mie, coklat, membuat kue pelangi, membuat milk shake).

kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur kampoeng maen buperta cibubur

Di Kampoeng Maen Buperta Cibubur, hanya anak yang dipungut biaya, yaitu Rp. 60.000, durasi permainan 2 jam dengan lebih dari 7 permainan. Untuk Sabtu / Minggu minimal 4 anak. Jika satu anak, bisa ikut Kampoeng Petualang Rp. 50.000. Sebaiknya telepon untuk memastikan tidak ada rombongan besar yang akan membuat anak Anda tak bisa bermain.

Alamat Kampoeng Maen Buperta berada di Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Telp 021-3901575, 085217303929 (Diman), 085882028902 (Budi). Fax 021 3909826. Email: info@kampoeng-maen.com. Lokasi GPS : -6.361686, 106.903434, Waze. Nomor Telepon Penting, Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 20, 2021.