Transportasi di Jakarta

Ada banyak pilihan Transportasi di Jakarta. Untuk berkunjung ke tempat wisata di Jakarta, dari luar kota bisa naik pesawat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Angkutan murah dari Bandara Soekarno-Hatta adalah Bus Damri yang tersedia di semua terminal kedatangan. Pilihan lainnya adalah taksi. Kereta api dari bandara mungkin setahun lagi baru beroperasi.

Bus AKAP masuk ke Jakarta melalui Tol Cikampek - Jakarta, Tol Jagorawi, dan Tol Merak - Jakarta. Bus AKAP berhenti di Terminal Bus Pulogebang, Kampung Rambutan, dan Kalideres. Ada sebagian berhenti di Terminal Bus Rawamangun. Semua terminal bus terkoneksi dengan Bus TransJakarta dan angkutan umum dalam kota.

Dari Bandung ada Travel Jakarta - Bandung. Kereta Bandung - Jakarta bisa pula menjadi pilihan. Kereta Api dari luar kota berhenti di Stasiun Jatinegara, Manggarai, Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Tanah Abang, dan Stasiun Tanjung Priok. Kereta api akan lewat atau berakhir di stasiun yang berbeda.

Untuk jalur laut, penumpang Kapal Pelni naik dan turun di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Tanjung Priok, dan selanjutnya naik taksi, bus kota atau naik kereta api di Stasiun Kereta Api Tanjung Priuk ke tempat tujuan. Untuk informasi kapal, Anda bisa menghubungi pusat informasi di 021-436 7487, atau Kantor Pelni di 430 1260.

Transportasi paling efisien dan murah untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta adalah Bus TransJakarta. Lihat juga Peta, Tempat Wisata di Jakarta, Hotel di Jakarta Pusat.

Pilihan lain adalah bus kota, Metromini, Kopaja, mikrolet, dan angkot. Trayek angkutan umum di Jakarta bisa dibaca di Angkutan Umum Terminal Kalideres, Angkutan Umum Terminal Pulogadung, Angkutan Umum Terminal Rawamangun, dan Angkutan Umum Terminal Grogol. Untuk menembus kemacetan, ojek motor dan ojek sepeda bisa menjadi pilihan.

Taksi adalah pilihan lainnya. Blue Bird (021-794 1234, 798 1001) dan Express (021-500122) adalah dua diantara operator taksi yang populer. Daftar lengkap dan nomor telepon taksi di Jakarta ada di tulisan Taksi di Jakarta. Ada pula bajaj, yang anda harus tawar menawar sebelum naik.

Kereta Api Commuter Jabodetabek menjadi pilihan yang semakin populer karena murah, cepat, stasiun semakin rapi, dan pelayanannya pun kian membaik.

Ada pula Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang terdiri dari APTB Bekasi - Tanah Abang, APTB Bekasi – Bundaran HI, APTB Bogor - Rawamangun, APTB Cibinong-Grogol, APTB Cileungsi – Blok M, dan APTB Ciputat – Kota.

Like | Tweet | WhatsApp | Email | Subscribe. . Updated :

Punya travelog menarik? Klik untuk menulis di aroengbinang.

Versi Mobile | Kembali ke atas