Jakarta, Jakarta Timur, Taman, Waduk

Taman Kota Ria Rio

Akhirnya saya bisa berkunjung ke Taman Kota Ria Rio [ Ria Rio City Park ] atau Taman Waduk Ria Rio yang berada persis di tepian Waduk Ria Rio. Taman ini sempat menjadi buah bibir masyarakat Jakarta khususnya, selain Waduk Pluit dan Blog G Pasar Tanah Abang, lantaran menjadi salah satau jejak kerja Gubernur DKI Joko Widodo waktu itu. Taman ini bisa diakses dari Kayu Putih - Pulo Mas atau dari Bypass.

Saat itu kami datang dari arah Jatinegara melewati bypass atau Jl Ahmad Yani, memutar di lampu merah Cempaka Putih melalui jalan layang kembali ke arah Jatinegara, lalu masuk ke jalan pertama ke arah kiri. Gerbang Taman Kota Ria Rio Jakarta Timur masih sederhana, dijaga oleh petugas keamanan. Normalisasi Waduk Ria Rio saat itu masih belum selesai, dan fasilitas taman masih harus diawasi.


Di bagian tengah Taman Kota Ria Rio Jakarta Timur ada sebuah ruang terbuka di tepian waduk yang berbentuk setengah lingkaran, dibatasi tanaman di sepanjang bibir waduk. Tempat ini cocok untuk pertunjukan musik unplug. Taman Suropati sudah yang bermain musik di akhir pekan, mungkin belum ada yang bermain musik di taman ini.

Di Taman Kota Ria Rio ada sebuah pohon besar tinggi yang belum lebat daunnya dan masih disangga batang bambu. Nama pohonnya Baobab (Adansonia digitata), pohon berusia panjang yang batangnya menyimpan air, sedangkan buah dan daunnya berkhasiat dan untuk bumbu masakan.

Pohon yang megah ini kabarnya bisa mencapai ketinggian hingga 30 meter dengan diameter batang 7 meter. Luar biasa besar dan tinggi. Taman yang menjadi paru-paru kota ini adalah satu bukti kerja cepat dan nyata Joko "Jokowi" Widodo semasa menjabat sebagai Gubernur DKI yang belum lagi dua tahun.

Di sisi barat Waduk Ria Rio telah ditanami batang-batang pohon yang dalam 5-10 tahun akan menjadi hutan kota. Bangau putih yang mencari makan di pinggiran Waduk Ria Rio juga menjadi pemandangan yang bisa dinikmati. Taman wisata keluarga yang murah di Jakarta Timur yang memakai konsep terasering untuk menangkal banjir ini selesai akhir 2015.

Melangkahkan kaki beberapa puluh ayunan kami sampai di bundaran, dimana dipasang bangku-bangku Jokowi melingkar. Sebelum sampai ke bundaran terlihat tengara Wifi, serta tengara nama tanaman yang dibuat bagus dan deskriptif. Di Taman Waduk Kota Ria Rio Jakarta Timur memang telah disediakan Wifi gratis oleh Pemprov DKI Jakarta dengan katasandi "pulomasjaya".

Baobab

Ketika berjalan lagi mengikuti trek di Taman Kota Ria Rio Jakarta Timur kami menjumpai pohon Baobab lainnya, dan yang satu ini benar-benar unik dan sangat elok, ditanam di atas gunungan. Pohon ini sudah tua ketika dipotong dan ditumbuhkan lagi, sehingga batang bawahnya berdiameter besar sedangkan batang atasnya kecil dan demikian pula ranting-rantingnya.

Selain Baobab, ada juga pohon peneduh taman dan rumah Yang Liu (Salix babylonia) dengan daun melambai yang batangnya bisa dipakai sebagai bahan baku mebel. Ketapang Kencana (Bucida molineti) juga ada, dengan tajuk berlapis, tingginya bisa mencapai 3m, lebar 1,5 m, dan lazim digunakan sebagai tanaman hias, tanaman pelindung, serta bahan pembuat perahu.

Bangku Jokowi

Ada Jalur pedestrian dengan paving blok yang cukup lebar telah dibuat rapi, menghubungkan area di sekitar parkiran dengan ujung Taman Kota Ria Rio Jakarta di sebelah sana. Di sepanjang jalan di dalam taman ini terdapat sejumlah titik dimana disediakan "Bangku Jokowi" yang rangkanya besi cor dan alas duduk serta alas punggung terbuat dari susunan bilah kayu.

Lebih jauh lagi ke dalam sana akan dijumpai sebuah gerumbul dengan tanaman Melati Jepang yang tumbuh rapat dan subur dan telah pula berbunga banyak. Agak ke belakang terlihat beberapa jenis anggrek dengan bunga dominan putih dan merah telah pula kembang. Bagian ini merupakan bagian taman yang sejauh ini sudah terlihat sangat sedap dipandang mata.

Ada prasasti yang menandai peresmian taman yang dilakukan pada 13 November 2013 di awal area ini. Selain itu ada pula tanaman Bunga Melati Gambir yang juga telah berbunga harum, serta Palem Bismarkia yang batangnya tak terlalu tinggi dengan cabang panjang dan daun melebar, cocok untuk taman seperti ini.

taman kota ria rio jakarta bangku jokowi taman kota ria rio jakarta wifi gratis taman kota ria rio jakarta pohon baobab taman kota ria rio jakarta hutan kota taman kota ria rio jakarta kursi taman kota ria rio jakarta palem bismarkia taman kota ria rio jakarta wifi zone taman kota ria rio jakarta pohon palem taman kota ria rio jakarta bunga bakung taman kota ria rio jakarta bangku jokowi taman kota ria rio jakarta bangku jokowi taman kota ria rio jakarta mini amfiteater taman kota ria rio jakarta amfiteater mini taman kota ria rio jakarta pohon yang liu taman kota ria rio jakarta taman kota ria rio jakarta pohon baobab taman kota ria rio jakarta pohon baobab taman kota ria rio jakarta ketapang kencana taman kota ria rio jakarta bunga melati jepang taman kota ria rio jakarta bunga melati gambir taman kota ria rio jakarta melati jepang taman kota ria rio jakarta kupu-kupu taman kota ria rio jakarta kumbang hijau taman kota ria rio jakarta anggrek merah dendrobium taman kota ria rio jakarta dendrodium putih taman kota ria rio jakarta kupu-kupu taman kota ria rio jakarta kupu-kupu taman kota ria rio jakarta bangku batu taman kota ria rio jakarta waduk ria rio jakarta pedestrian taman kota ria rio jakarta pohon baobab taman kota ria rio jakarta bangau putih taman kota ria rio jakarta eceng gondok taman kota ria rio jakarta burung bangau taman kota ria rio jakarta pedestrian taman kota ria rio jakarta taman kota ria rio jakarta senja di taman kota ria rio jakarta kupu-kupu taman kota ria rio jakarta kupu-kupu taman kota ria rio jakarta



Kondisi Taman Kota Ria Rio Jakarta Timur saat ini mestinya sudah lebih baik dan tanaman serta pepohonan di sana juga seharusnya sudah jauh lebih rimbun dan teduh dari yang terlihat pada foto. Kita mengapresiasi dibuatnya taman kota yang elok seperti ini. Taman yang menjadi paru-paru kota dan resapan air, serta tempat warga bercengkerama dan berolah raga.

Alamat Taman Kota Ria Rio berada di Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Lokasi GPS : -6.170713, 106.878683, Waze. Jam buka : sepanjang hari dan malam. Harga tiket masuk : gratis. Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Nomor Telepon Penting, Peta Wisata Jakarta, Peta Wisata Jakarta Timur, Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek, Rute Lengkap TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur, Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 13, 2021.