Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta

Lokasi Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta berada di tengah-tengah Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, menghadap ke arah Barat Laut. Patung ini dibuat saat bangsa Indonesia tengah berjuang untuk membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda pada 1962.

Ide awal pembuatan Patung Pembebasan Irian Barat berasal dari Soekarno ketika berpidato di Yogyakarta, dan kemudian dibuat sketsanya oleh Henk Ngantung. Pembuatan patung dari bahan perunggu ini kemudian dipercayakan pada Team Pematung Keluarga Area Yogyakarta dibawah pimpinan Edhi Sunarso.

Diperlukan waktu sekitar 1 tahun untuk menyelesaikan patung pemuda berambut keriting dengan wajah ekspresif setinggi 11 meter ini. Kedua tangannya patung terentang ke atas, masing-masing dengan rantai borgol yang telah putus. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1963.

patung pembebasan irian barat


patung pembebasan irian barat

patung pembebasan irian barat

patung pembebasan irian barat

Siluet patung yang terlihat pada sore hari. Berat Patung Pembebasan Irian Barat mencapai 8 ton, berdiri di atas landasan setinggi 20 meter dari jembatan, atau 25 meter dari landasan bawah. Karena tingginya, patung ini menjadi semacam tugu selamat datang ketika bandar udara masih berada di Kemayoran.

Dua kaki tugu penyangga patung melambangkan Indonesia dan Belanda, dan perseteruannya dalam memperebutkan Irian Barat digambarkan pada bidang datar yang menjadi landasan kaki patung. Pelaksana pembangunan monumen diserahkan kepada PN Hutama Karya dengan arsitek FX Silaban. Monumen tersebut dirawat oleh Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta

Alamat : Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.17071, 106.835057, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Pusat.

Selain travelog baru, tulisan di thearoengbinangproject.com diterbitkan ulang di situsweb ini dengan resolusi foto lebih baik. Ikuti aroengbinang travelog via Email :

Like | Tweet | WhatsApp | Email | Subscribe. . Updated :

Silahkan menulis di aroengbinang travelog, dengan treking harian Google Analytics. Kirim email ke kami dengan mencantumkan akun Facebook dan Twitter.

Versi Mobile | Kembali ke atas