Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Pantai Tanjung Pasir Tangerang adalah satu dari tiga tanjung di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Satu tanjung diantaranya merupakan muara Sungai Cisadane yang hingga hari itu tampaknya belum ada akses memadai untuk menuju ke arah sana. Semoga saja sekarang sudah dibuat akses jalan yang baik.

Satu daratan lagi yang menjorok ke Laut Jawa di sisi utara daratan adalah Pantai Tanjung Kait yang telah saya kunjungi sebelumnya. Pantai Tanjung Pasir Tangerang ini berjarak hanya sekitar 1 km dari Dermaga TPI Tanjung Pasir yang saya singgahi dalam perjalanan beberapa saat sebelumnya.

Memasuki kawasan pantai yang berada dibawah pengawasan TNI Angakatn Laut ini saya berhenti untuk membayar tiket masuk yang waktu itu masih sebesar Rp. 3.000 di pos jaga. Pantai ini membentuk sudut 90 derajat, dengan warung-warung sederhana di tepiannya menawarkan makanan minuman bagi para pejalan yang singgah melepas haus dan lelah.

pantai tanjung pasir tangerang
Bundaran di sudut Pantai Tanjung Pasir Tangerang ini tampaknya waktu itu belum selesai dikerjakan secara sempurna. Sebuah patung seorang tentara dengan menyandang senjata laras panjang di tangannya tampak dalam posisi kaki melangkah di atas bola bumi.

Barangkali patung itu menjadi penanda bahwa lokasi ini merupakan tempat latihan bagi TNI AL. Sayangnya kawasan pantai saat itu tampak agak kurang terawat, setidaknya dengan melihat adanya ceceran sampah yang menyebar di banyak tempat di kawasan wisata ini. Selain kesadaran akan kebersihan yang agaknya masih saja kurang, ketiadaan bak sampah yang mencukupi serta kurangnya petugas kebersihan tampaknya menjadi faktor penyebab. Bagaimana pun ini adalah soal manajemen yang mestinya bisa diatasi.

pantai tanjung pasir tangerang
Pantai Tanjung Pasir Tangerang dengan garis pantai yang lumayan panjang, lebar dan cukup landai. Meskipun airnya tidaklah jernih dan tak jelas apakah telah tercemar limbah buangan industri atau tidak, namun ada saja pengunjung yang mencebur ke dalam air laut untuk bermain di sana. Ombak di pantai memang terlihat cukup jinak.

Garis pantai yang cukup lebar dan panjang memang merepotkan untuk memelihara kebersihannya, jika saja tidak ada kerja sama dan pengertian dari pengunjung. Kesadaran pada kebersihan sering tak berhubungan dengan miskin kayanya seseorang, terdidik atau tidak, namun lebih pada kesadaran individu. Sayangnya perilaku membuang sampah sembarangan belum benar-benar serius ditangani, sehingga tidak saja menjadi problem kebersihan namun sudah menjadi masalah yang jauh lebih serius. Banjir.

pantai tanjung pasir tangerang
Selain pemancing ikan, ada pula dua atau tiga orang penjala yang mencoba mencari peruntungan mereka di bagian dangkal Pantai Tanjung Pasir Tangerang. Tak saya perhatikan benar apakah mereka mendapat tangkapan ikan yang banyak atau tidak. Namun pemancing ikan tampaknya tak begitu beruntung, karena meski sudah lama di sana namun umpan di kailnya masih tetap utuh.

Pemancing ikan yang masih muda itu duduk mencangkung di sisi sebelah kiri pantai menunggui ikan menyambar umpan pada kail yang dipasangnya. Tak cukup satu batang pancing ikan yang dipasangnya, namu ada tiga pancing sekaligus. Tentu akan tak mudah menanganinya jika ketiga pancing disambar ikan dalam waktu yang bersamaan.

pantai tanjung pasir tangerang
Suasana Pantai Tanjung Pasir Tangerang, ditangkap dari sebuah warung sederhana yang berada tak jauh dari tepian pantai. Warung ini menyediakan tempat duduk dari bambu yang cukup nyaman, sementara tumpukan kelapa muda berkulit hijau segar menggoda saya untuk memesan dan menikmati daging kelapa serta mereguk airnya yang asli.

Tepat di sebelah pantai terdapat tanah lapang yang menjadi area penghijauan. Di sana terlihat beberapa pohon yang tampak belum lama ditanam, lengkap dengan penanda orang yang menanamnya, diantaranya adalah Ani Yudoyono, Herawati Boediono, dan beberapa nama lain yang cukup terkenal ketika itu. Sayangnya gerakan penghijauan ini (waktu itu) belum berhasil, karena pohon-pohonnya terlihat kering dan meranggas. Tak jelas apakah ada yang merawat secara teratur agar cepat tumbuh subur. Mudah-mudahan saat anda berkunjung, pohon-pohon itu telah menghijaukan lingkungan di sekitar pantai yang gersang.

1 album (4 foto) Pantai Tanjung Pasir lainnya ada di sini. Secara umum Pantai Tanjung Pasir Tangerang masih perlu banyak berbenah untuk menjadi tempat wisata yang bersih dan menyenangkan. Sejumlah fasilitas pendukung wisata masih perlu ditambah untuk memberi kenyamanan kepada pengunjung. Kerjasama dari banyak pihak, termasuk para pengunjung untuk menjaga kebersihan, tentu diperlukan pula. Namun kondisi pantai saat ini mestinya sudah jauh lebih baik dibanding ketika saya datang ke sana waktu itu.

Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Galeri (8 foto) : Pantai Tanjung Pasir. Alamat : Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang Kabupaten. Lokasi GPS : -6.01856, 106.670887, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : sepanjang hari. Harga tiket masuk : Rp. 10.000. Rujukan : Hotel di Tangerang, Hotel di Tangerang Selatan, Tempat Wisata di Tangerang, Peta Wisata Tangerang.

Like | Tweet | WhatsApp | Email | Subscribe. . Updated :

Versi Mobile | Kembali ke atas