Ferris Wheel, Jakarta, Jakarta Timur, Wisata Anak

J-Sky Ferris Wheel Aeon Mall

J-Sky Ferris Wheel Aeon Mall Cakung merupakan wisata keluarga terbaru di Jakarta Timur yang sedang menjadi perbincangan ramai belakangan ini. Pasalnya karena jantera atau kincir raksasa setinggi 69 meter ini dipasang di lantai 3 Aeon Mall yang tingginya sudah 30 meter sendiri, dan diklaim sebagai yang tertinggi di Indonesia saat ini. Aeon Mall Cakung sendiri adalah mal yang relatif baru dengan konsep desain dan penataan lapak yang keren menurut kacamata awam saya.

Kincir raksasa untuk bersenang-senang bagi seluruh anggtota keluarga itu pertama kali dibangun oleh George Washington Gale Ferris Jr di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, dan dikenal sebagai Chicago Wheel. Di tahun 1893, kincir setinggi 80,4 meter itu merupakan atraksi terbesar di area World's Columbian Exposition di Chicago.


Adapun kincir rakasaaa di Taman Mini Indonesia Indah (TMOO) yang disebut Mata Legenda tingginya 45 meter, dan yang ada di Taman Impian Jaya Ancol memiliki tinggi sekitar 24 meter. Di Indonesia, wahana Ferris Wheel sering disebut Jantera Bianglala karena warna-warni lampunya saat menyala di malam hari.

Kepergian kami ke Aeon Mall pada awalnya adalah hanya untuk menonton film Coco di bioskop yang ada di lantai 3 mal ini. Film animasi keluarga yang dibuat oleh Pixar ini betul-betul film yang spektakuler, baik dari sisi keelokan grafisnya yang sangat imajinatif dengan detail luar biasa, maupun jalan ceritanya yang amat sangat menyentuh kalbu, bahkan setelah menontonnya untuk kedua atau ketiga kalinya sekalipun.

Sambil menunggu jam tayang film Coco yang masih sekitar 2 jam lagi kami memilih berada di tempat bermain anak di lantai 2 dengan wahana permainan berupa ekskavator-ekskavator mini. Anak-anak belajar mengoperasikan ekskavator untuk memindahkan balok, mengeruk dan memindahkan pasir, menjepit dan memasukkan bola ke dalam keranjang, dan beberapa permainan lainnya, termasuk boks penjepit boneka.

Permainan apa pun jenisnya, jika menarik dan memiliki tantangan untuk menguasainya, memang membuat orang sering lupa waktu. Karenanya tak terasa hampir dua jam kami berada di sana sebelum akhirnya naik ke lantai tiga menuju ke gedung bioskop untuk menonton film yang sangat keren itu, baik kisahnya maupun grafis digitalnya.

Lantaran tidak tahu lokasinya berada dimana, selepas menonton film Coco dan makan di lantai tiga dekat bioskop, kami sempat turun ke lantai dasar, keluar ke halaman depan dan melihat J-Sky Ferris Wheel dari halaman lobby, bertanya berturut-turut ke dua orang satpam di tempat terpisah, mencari-cari, sebelum akhirnya menemukan lokasinya dengan naik lift.

Ternyata oh ternyata, mestinya dari bioskop dan lapak-lapak penjual makanan itu kami tinggal jalan kaki lurus saja sampai ke ujung ruangan. Di sanalah J-Sky Ferris Wheel berada. Jika antrian reguler sedang membludak pengunjungnya, maka tiket pasangan dan VIP akan membantu karena bisa langsung naik ke dalam gondola.

Ticket Box untuk Ferris Wheel Aeon Mall Cakung memiliki dekor yang cukup menarik. Para gadis yang melayani pengunjung mengenakan busana bergaya cowgirl, demikian pula para prianya yang melayani di dekat jantera raksasa mengenakan baju ala cowboy. Selain beli langsung di tempat, pengunjung juga bisa melakukan pemesanan tiket secara online, yang bisa membantu jika datang pada saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Pilihan Tiket J-Sky Ferris Wheel

Area antrian J-Sky Ferris Wheel Aeon Mall Cakung Jakarta Timur yang cukup nyaman, sesaat setelah melewati petugas pengecekan tiket. Kami berdiri di antrean reguler, sementara pagar kayu berkelok di depan sana adalah antrian jika membeli tiket pasangan (satu kereta berdua) dan tiket VIP (maksimum 6 orang dengan total berat sekitar 480 kg). Jika antrian reguler membludak, maka tiket pasangan dan VIP akan membantu karena bisa langsung naik ke dalam gondola.

Di depan area kincir J-Sky Ferris Wheel Aeon Mall Cakung terdapat area terbuka gratis yang bisa digunakan untuk menunggu atau memandang gondola yang berputar dari jarak dekat. Wahana yang mulai dibuka sejak 7 Oktober 2017 itu dibuat berputar terus dengan pelan tanpa berhenti, namun memberi cukup waktu buat pengunjung untuk turun dan naik dari dan ke atas gondola.

Meskipun tiket bisa dibilang agak mahal bagi kebanyakan orang, namun bagusnya untuk bayi dan anak dengan tinggi di bawah 90 cm bisa naik Ferris Wheel secara gratis. Ada pula sebuah gondola yang disediakan spesial bagi para pengunjung dengan kebutuhan khusus yang akan dibantu petugas saat naik ke dalam kereta.

Full AC

Di dalam setiap gondola terdapat AC split yang membuat hawa di dalam ruangan menjadi sangat nyaman, baik di siang hari maupun malam hari. Hampir tak terlihat ada bangunan jangkung dalam radius beberapa kilometer dari mal, pemandangan yang pasti akan berubah dalam sepuluh tahun mendatang.

Untuk mendapatkan foto yang baik saat di dalam gondola, karena sebaiknya tak memakai lampu blitz, pengunjung harus duduk melawan cahaya jantera agar wajah bisa terang saat dipotret. Tempat duduk pada gondola J-Sky Ferris Wheel setidaknya ada dua macam, yang kami duduki adalah yang terbuat dari fiber tanpa alas. Gondola lain tempat duduknya dilapisi dengan bantalan empuk seperti sofa.

Kendaraan yang lewat di jalanan depan mal terlihat kecil dari dalam kereta J-Sky Ferris Wheel saat kami berada di posisi paling puncak. Pada titik ini sudut pandangnya sangat luas ke semua arah tanpa halangan sama sekali.


Ketika dalam perjalanan dari titik puncak menuju titik terbawah itulah kami baru melihat bahwa di sisi sebelah kiri area Ferris Wheel Aeon Mall terdapat setidaknya tiga tempat permainan anak yang cukup ramai saat itu. Di sebelah bioskop sebenarnya juga ada area bermain modern dengan area cukup luas, namun dengan ongkos tiket masuk relatif mahal.

j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur gondola ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall j-sky ferris wheel aeon mall j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur j-sky ferris wheel aeon mall cakung jakarta timur

Seluruhnya ada 32 gondola yang diangkut oleh kincir raksasa dengan diameter 50 meter itu, yang bisa mengangkut total hingga 192 orang setiap saat. Untuk ketenangan pikir, J-Sky Ferris Wheel Aeon Mall Cakung Jakarta Timur juga dirancang tahan gempa dan anti-petir. Saat ke sana, jangan lupa mampir ke taman luar Aeon Mall yang juga keren.

Alamat J-Sky Ferris Wheel berada di Aeon Mall, Jakarta Garden City, Cakung Timur, Cakung Jakarta Timur. Lokasi GPS : -6.172129, 106.9533527, Waze. Harga tiket masuk : Reguler Rp 50.000, couple/pasangan Rp 160.000, VIP Rp 350.000 (maks 6 orang). Jam buka : 10.00 - 22.00 Minggu s/d Kamis, dan 10.00 - 00.00 untuk hari Jumat dan Sabtu. Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Nomor Telepon Penting, Peta Wisata Jakarta, Peta Wisata Jakarta Timur, Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek, Rute Lengkap TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur, Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 14, 2021.