Air Terjun, Bogor, Jawa Barat

Curug Country

Tidak mudah menemukan Curug Country Bogor, dan ketika bertanya arah pun banyak yang tidak mengenalnya, atau bahkan memberi informasi keliru. Informasi yang tersedia hanya bahwa lokasi Curug Country berada di Desa Tanjung Rasa, Tanjung Sari, sekitar 3 km dari Jl Raya Jonggol Cariu.

Perjalanan dari Jakarta saat itu kami masuk ke Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar pintu tol Cibubur, masuk Jl. Trans-Yogie, naik jalan layang, melewati Taman Buah Mekarsari. Di ujung pertigaan jalan kami ambil kanan ke Jl. Raya Jonggol hingga 13,6 km sampai di pertigaan. Kiri ke Jl. Cariu - Babakan Raden, saya ambil kanan ke Jl. Cariu - Bantarkuning.

Setelah 8,6 km dari pertigaan, saya masuk ke sebuah jalan kecil di kanan jalan pada GPS: -6.56959, 107.14060, dan mengikuti jalan itu hingga belok kiri pada GPS -6.56359, 107.12111 dimana di seberangnya terdapat lapangan bola kampung. Jalanan berbatu ini menurun dan lalu belok ke kiri di ujung jalan. Sampai di bundaran saya belok kanan melewati pos jaga Curug Country.

Pada hari biasa curug ini cukup sepi, dan karenanya tidak terlihat ada penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi curug. Saat saya berkunjung ke curug, belum ada tempat yang disediakan untuk warung makanan minuman dan gazebo yang bisa dipakai pengunjung untuk bersantai sambil makan minum saat tiba atau sebelum meninggalkan tempat itu.

Untuk turun menuju Curug Country Bogor ditempuh dengan melalui bebatuan bertrap yang terlihat cukup cantik. Meskipun ketinggian curug ini hanya beberapa meter saja, namun aliran air pada bebatuan yang bertingkat-tingkat menciptakan pemandangan yang cukup indah dipandang mata. Di ujung bawah curug terdapat kolam yang menampung air sebelum mengalir lagi ke bawah.

Tempat duduk dan meja di area Curug Country Bogor terbuat dari batu yang mestinya cukup nyaman sebagai tempat bersantai menikmati suasana alam sekitar, jika saja tidak lembab oleh air hujan dan bersih dari sampah dedaunan yang gugur itu. Sampah-sampah dedaunan di sekitar area ini juga tampak belum sempat dibersihkan oleh petugas.

Gemericik aliran air yang melewati sela-sela batu menciptakan suara ritmik lembut yang membuat pengunjung bisa betah untuk duduk berlama-lama menikmati suasana di sekitar lokasi. Tempat ini cukup jauh dari tepian jalan besar, sehingga selain udaranya sejuk juga tidak terganggu dengan kebisingan kendaraan yang lalu lalang.

Curug Country yang relatif landai ini bertingkat-tingkat bentuknya. Saat itu hujan baru saja reda, namun air yang mengalir di curug masih tetap terlihat jernih, menandai bahwa kondisi di hulu sungai yang masih terjaga dengan baik. Suasana di sekitar curug masih terasa cukup nyaman, dengan rimbun pepohonan, belukar dan ada lapangan rumput yang luas.

Panorama Curug Country Bogor dari sela-sela dahan sebuah pohon merupakan bagian yang cukup menarik untuk dilihat. Memang harus mencari posisi yang pas untuk menikmati pemandangan di Curug Country ini. Sebagian batu cadas yang dilewati aliran air dari Curug Country Bogor warnanya terlihat menguning. Tak jelas apakah ada kandungan belerang atau mineral lainnya pada air sungai ini.

Saat saya berkunjung itu ada dua atau tiga orang tengah bekerja di area sebelah parkir. Entah sedang membuat warung atau gazebo. Sekarang mestinya sudah jadi dan berfungsi. Akses ke curug yang belum bagus juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat, terutama beberapa ratus meter sebelum sampai di area parkir curug. Kondisi akses jalan pada waktu saya kunjungi harus membuat siapa pun harus berhati-hati ketika melewatinya. Petugas jaga yang selalu ada di tempat juga perlu disediakan.

Petunjuk Arah ke Curug Country Bogor: Dari Jakarta atau Bogor keluar pintu tol Cibubur, masuk Jl. Trans-Yogie, naik jalan layang, lewati Taman Buah Mekarsari. Sampai di pertigaan ambil kanan ke Jl. Raya Jonggol. Setelah 13,6 km sampai di pertigaan, ambil ke kanan ke Jl. Cariu - Bantarkuning. Setelah 8,6 km, masuk ke jalan kecil di kanan pada GPS: -6.56959, 107.14060.

curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor curug country bogor

Pada percabangan jalan ke kiri dengan lapangan bola di sebelah kanan di GPS: -6.56359, 107.12111. ambil jalan ke kiri. Jalanan ini menurun dan kemudian belok ke kiri ketika bertemu pertigaan. Ikuti jalan sampai bundaran, ambil jalan ke arah kanan. Dari Pos Jaga, anda masih beberapa ratus meter lagi untuk sampai ke tempat parkir kendaraan, dengan melewati jalanan yang agak curam dan berliku.

Lokasi Curug Country berada di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Bogor Kabupaten. Lokasi GPS : -6.57297, 107.12026, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : pagi hingga sore, sebaiknya jam 17 sudah meninggalkan lokasi. Harga tiket masuk : kadang tak bayar, siapkan Rp.10.000. Hotel di Bogor, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.

Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 22, 2021.