Bukittinggi, Hatta, Sumatera Barat

Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi

Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi berada tepat di samping gedung Istana Bung Hatta, pada sebuah lereng bukit yang rendah, diteduhi oleh banyak pepohonan besar nan rindang. Area dimana taman berada boleh dikatakan cukup luas, melebar di sepanjang Jl. Jam Gadang menuju ke arah bawah sampai bertemu pertigaan dengan Jl. H. Agus Salim.

Di puncak bukit kecil Taman Monumen Bung Hatta itu, terdapat sebuah patung terbuat dari bahan perunggu sosok seorang Bung Hatta yang digambarkan dalam posisi berdiri dengan kepala sedikit menunduk dan sebelah tangannya terangkat ke atas seakan menyapa setiap orang lewat yang tak henti berlalu lalang di jalanan di bawahnya.

Di bawah patung terdapat tulisan besar dari pelat logam di atas keramik yang berbunyi "Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi". Belakangan baru saya ketahui bahwa Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi itu dibangun untuk memperingati seabad kelahiran salah satu putera Minangkabau terbaik itu, yang jatuh pada 12 Agustus 2002.

taman monumen bung hatta bukittinggi

Area utama kawasan Taman Monumen Bung Hatta Bukittingi dengan tengara nama pada bidang melengkung di puncak bukit serta Patung Bung Hatta di atasnya. Kebersihan dan keasrian taman tampak terjaga dengan sangat baik, menjadikannya semacam surga kecil bagi Kota Bukittinggi yang semakin banyak disesaki dengan tembok-tembok rumah dan bangunan beton tak beraturan lainnya.

Sayang sekali di tepian taman di pinggir jalan tidak ada semacam prasasti yang menceritakan secara singkat tentang sosok Bung Hatta. Prasasti semacam itu akan elok jika bisa dilihat dan dibaca oleh para pejalan di jalur pedestrian di bawah bukit Taman Monumen Bung Hatta, sebagaimana yang telah dibuat di depan tugu Jam Gadang. Tak semua pejalan peduli dengan tugu atau monumen memang, namun selalu saja ada orang lewat yang ingin tahu lebih banyak mengenai segala hal.

Dari jalanan di bawah bukit Taman Monumen Bung Hatta itu sesungguhnya pengunjung bisa meniti anak tangga yang terbuat dari keramik berwarna abu-abu gelap menuju ke arah patung di atas sana.Hanya saja pagar di depan anak tangga pertama ternyata terkunci rapat ketika saya berada di sana, mungkin juga dikunci sepanjang waktu. Entah untuk memelihara kebersihan dan keindahan taman atau karena tamannya menyatu dengan kompleks istana.

taman monumen bung hatta bukittinggi

Berpeci dan berkaca-mata, dengan model celana dan baju khas jaman dahulu yang modelnya sekarang sudah sulit ditemukan di jalanan maupun di tempat pesta, patung si Bung di Taman Monumen Bung Hatta ini terlihat teduh dengan senyum tipisnya.

Patung perunggu di Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi itu menggambarkan bentuk sosok si Bung secara utuh. Penggambaran si bung di taman ini mengingatkan saya pada patungnya yang ada di Monumen Soekarno-Hatta di daerah Menteng, Jakarta, serta Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Dari seberang jalan dimana terdapat Tugu Pahlawan Tak Dikenal, area taman terlihat elok dengan jalur pedestrian di sebelah luar pagarnya yang tinggi, di tepian Jl. Jam Gadang yang dibuat satu arah.

taman monumen bung hatta bukittinggi

Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta memang dilahirkan di Fort de Kock, kini Bukittinggi, pada 12 Agustus 1902. Perjalanan hidupnya yang berwarna membawanya menjadi seorang pelajar, tokoh pergerakan, pejuang, negarawan, dan Wakil Presiden Indonesia pertama yang kemudian memilih mundur pada 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Bung Hatta juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, serta dikenal pula sebagai Bapak Koperasi.

Beberapa orang perempuan tampak sedang berjalan kaki melintas di jalur pedestrian di bawah area Taman Monumen Bung Hatta, sementara dua pengemis perempuan duduk berbincang di sebelah kanan, dan seorang pengemis pria tua tertidur kelelahan menunggu derma di bagian tengah, mengingatkan saya pada sebuah lirik lagu Konser Rakyat Leo Kristi yang berjudul "Memorial Sudirman"

Di balik sorot lampu taman engkau masih saja di situ adik. Tak ada selimut engkau tertidur sayang berbantal tangan. Sedan-sedan lewat tak ganggu nyenyak tidurmu. Keroncong kecil di tanganmu, hati besar di senyummu. Senyum pahit disekelilingmu, senyum manis di hatimu. Alloh huhuhuhu, Alloh huhuhuhu... Adik nyanyikan aku satu lagu, kasih sayang

Tegap bayang-bayang berpedang bungkukkan badan membelai rambutmu. Mengusap wajah lembut kumal seraya berbisik tabahlah hatimu. Anak Sudirman tertidur di bawah telapak kakimu. Anak Sudirman tertidur di bawah telapak kakimu. Oh betapa panjangnya hari, hari ini dan hari esok akan satu. Adik nyanyikan aku satu lagu, bara hati, bara hati, bara hatiiiii


Perjuangan menuju Indonesia yang makmur, berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, memang masih sangat panjang. Pemimpin pemerintahan, baik di tingkat lokal maupun nasional datang dan pergi, lenyap ditelan jaman. Sebagian dari mereka benar-benar bekerja semata bagi kepentingan rakyat, dan sebagian lagi hanya memikirkan diri sendiri dan kelompoknya.

Dalam demokrasi, orang baik dan orang jahat bisa menduduki posisi penting. Hanya ketika rakyat cerdas, kebal terhadap hoax dan fitnah, maka mereka akan memiliki pemimpin yang benar-benar baik, yang hanya punya satu kepentingan: memajukan negara dan rakyatnya.


Taman Monumen Bung Hatta

Alamat: Jl. Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasi GPS : -0.3065777, 100.369294, Waze. Peta Wisata Buittinggi, Tempat Wisata di Bukittinggi, Hotel di Bukittinggi


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 24, 2020.