Air Panas, Jawa Barat, Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan adalah tempat pertama yang kami datangi setiba di wilayah Kuningan, Jawa Barat. Pemandian air panas ini merupakan pemandian terkenal yang ada di daerah itu, dan layak mampir ke sana untuk melemaskan otot sebelum masuk ke pusat Kota Kuningan.

Pemandian lainnya selain Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan ada di sejumlah hotel berjarak relatif dekat dari tempat ini. Salah satunya adalah air panas di Tirta Sanita Spa Resort Hotel, yang kabarnya juga mengelola Pemandian Air Panas Tirta Sanita yang berada di daerah Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Saat itu kami datang dari arah Kota Cirebon, mengikuti jalan berkelok cukup lebar dan mulus. Dari jalan utama Cirebon - Kuningan, sebelum sampai di Kota Kuningan, kami berbelok ke kiri pada GPS -6.829625,108.543549, dan masuk ke dalam mengikuti jalan sekitar 4km untuk sampai di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan yang berada di pojok jalan sebelah kanan.

pemandian air panas sangkanurip kuningan

Di dalam area Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan ada sebuah kolam renang air dingin cukup elok yang disebut sebagai Kolam Renang Luncuran Naga, karena bentuk kepala Naga yang indah di puncak luncuran dan lidah Naga sebagai papan luncurnya. Di ujung kolam terdapat kolam renang air dingin dangkal yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Di sisi sebelah kiri Kolam Renang Luncuran Naga itu terdapat sejumlah tempat duduk yang terbuat dari semen beton di bawah payung-payung peneduh yang cukup nyaman. Pengunjung bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak, menikmati suasana sekitar yang hawanya cukup sejuk, sambil menikmati makanan dan jajanan khas setempat. Hawa di wilayah Kuningan memang cukup sejuk karena berada di kaki gunung.

Sesuai dengan namanya, lokasi Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. Untuk mencapai tempat ini pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 23 km atau sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Cirebon ke arah Kuningan, atau sekitar 12 km dari Kota Kuningan.

pemandian air panas sangkanurip kuningan

Di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan ada kolam terbuka yang suhunya 36°C - 42°C. Lumayan panas. Air di Pemandian Air Panas Sangkanurip ini konon kaya akan mineral dan memiliki kadar yodium tinggi, yang dipercaya membantu menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit, serta untuk mengendurkan otot-otot yang kaku selepas perjalanan jauh. Hal menarik lainnya yang bisa dinikmati para pengunjung adalah keindahan panorama Gunung Ceremai yang terlihat di kejauhan, yang menjadi latar belakang kolam renang air dingin Luncuran Naga.

Gunung berapi kerucut ini sebagian masuk wilayah Kuningan dan sebagian lagi masuk wilayah Majalengka, dengan ketinggian 3.078 mdpl, tertinggi di Jawa Barat. Gunung dengan kawah ganda ini pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan ada bekas titik letusan yang dikenal sebagai Gowa Walet. Gunung ini sekarang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang luas totalnya mencapai sekitar 15.000 hektare. Karena berada di wilayah perbukitan, hawa di pemandian ini terasa sejuk yang membuat tempat ini cukup nyaman.

Ada lorong panjang yang menuju ke kamar-kamar mandi air panas utama dan eksekutif di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan. Lorong ini berada di dalam bangunan yang ada di ujung kanan kompleks pemandian, hanya beberapa meter dari kolam rendam air panas yang terbuka. Kamar-kamarnya cukup bersih, meski terlihat sudah perlu perawatan.

Untuk bisa menggunakan Ruang Tertutup Utama ini pengunjung waktu itu harus membayar tiket masuk Rp.9.000 per orang, sedangkan untuk memakai Ruang Eksekutif pengunjung dewasa harus membayar cukup mahal, yaitu Rp.30.000 per orang. Harga ini kemungkinan besar sudah naik lagi saat anda berkunjung ke sana.

Bila ingin bersantai setelah berendam air panas yang menyehatkan ini, pejalan bisa menunggu di depan loket untuk menyetop delman yang kosong. Delman yang ditarik kuda bisa disewa pejalan untuk berkeliling di sekitar Desa Sangkanhurip sambil menikmati pemandangan, dengan membayar sekitar Rp.25.000.

Jika ingin menikmati suasana yang lebih nyaman, serta kondisi ruangan berendam air panas yang lebih baik, lebih bersih, dan lebih berkelas, anda bisa menginap di Hotel Grage Spa Sangkan, Hotel Sangkan Indah, atau pun Tirta Sanita Spa Resort Hotel. Tentu saja harga yang harus dibayar akan lebih mahal dibanding di pemandian air panas ini.


Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Alamat : Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan Kabupaten. Lokasi GPS : -6.8863925, 108.4996596, Waze (smartphone Android dan iOS). Jam buka : 07.00-20.00. Harga tiket masuk Rp.9.000, ruang eksekutif Rp. 30.000. Hotel di Kuningan, Peta Wisata Kuningan, Tempat Wisata di Kuningan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 27, 2019.