Pelalawan, Riau, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Pelalawan

Tulisan ini merupakan daftar lengkap Tempat Wisata di Pelalawan. Pelalawan merupakan sebuah Kabupaten dengan ibu kota Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau. Wilayah ini sebelumnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Siak sebelum pemekaran, dan menjadi kabupaten sendiri sejak tahun 1999.

Di tengah Pelalawan mengalir Sungai Kampar, dan menjadi pertemuan Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri. Pulau berukuran relatif besar yang termasuk dalam wilayah Pelalawan adalah Pulau Mendol, Pulau Serapung dan Pulau Muda. Pulau lainnya adalah Pulau Tugau, Pulau Labuh, Pulau Baru, Pulau Ketam, dan Pulau Untut.

Pelalawan berbatasan dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti di Utara, dengan Kabupaten Kuantan Singingi dan Pasir Penyu serta Indragiri Hulu di Selatan, dengan Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru di Barat, serta berbatasan dengan Kabupaten Karimun dan Kabupaten Indragiri Hilir di Timur.

Tempat Wisata Pelalawan

1. Bon »
Desa Teluk Meranti, Kuala Kampar, Pelalawan. Bono terjadi air laut pasang dan gelombang airnya bergulung masuk sungai ke arah hulu. Gelombang air pasang ini ketinggiannya bisa mencapai 6 meter, bahkan kadang 10 meter.

2. Danau Tanjung Putus »
Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau, tidak jauh dari tepian Sungai Kampar. Dari Desa Kuala Terusan dibutuhkan waktu sekitar 25 menit dengan menyusuri Sungai Kampar arah ke hulu

3. Istana Sayap Pelalawan »
Tempat Wisata Pelalawan yang merupakan peninggalan dari jaman Kerajaan Pelalawan yang dimulai dengan didirikannya Kerajaan Pekantua di Sungai Pekantua pada sekitar tahun 1380 M oleh Maharaja Indera (1380-1420 M)

4. Makam Sultan Mahmud Syah I »
Desa Pekan Tua, Pelalawan. Mahmud Syah I adalah Sultan Malaka yang ke-8 dan terakhir (1488-1511), setelah Malaka diserbu kolonial Portugis dan berhasil mendudukinya.

5. Pusat Budaya Petalangan »
Desa Betung, Pangkalan Kuras, sekitar 129 Km dari Pekanbaru, di tepi Danau Monti, dibangun di atas tanah seluas 17 hektar, dikelilingi perbukitan, berlatar belakang Hutan Sialang.

6. Tugu Equator »
Dusun Tua, di pinggir jalan Lintas Timur Sumatera, sekitar 56 Km dari Pangkalan Kerinci, Ibukota Pelalawan


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 23, 2017.