Bandung, Ciwidey, Jawa Barat, Perkebunan Teh

Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali yang berada di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, menyajikan pemandangan menawan dengan hamparan pohon-pohon tehnya yang terlihat sangat indah dan sejuk di mata. Karpet hijau mulus yang tersusun oleh deretan rapat pohon teh yang sangat luas itu terlihat dalam perjalanan menuju ke Situ Patengan.

Tanaman teh milik Perkebunan Teh Rancabali itu berada di tanah yang bergelombang indah di pinggiran jalan antara Kawah Putih dan Situ Patengan. Melihatnya saja sambil lewat tak cukup, oleh karena itu kami berhenti di beberapa titik untuk melihat dan menikmati pemandangannya dari jarak yang lebih dekat.

Memang sudah cukup lama saya tidak pergi ke daerah Puncak yang hamparan perkebunan tehnya juga terlihat elok, namun pemandangan Perkebunan Teh Rancabali ini rasanya lebih mengesankan buat saya. Ada sentuhan tangan kreatif yang membuat tanaman teh di perkebunan ini terlihat begitu menarik perhatian.

Deretan pohon teh Perkebunan Teh Rancabali yang terletak tepat di pinggir jalan terhampar luas dengan pucuk nyaris rata. Berbeda dengan beberapa perkebunan teh yang berada di daerah Puncak, Perkebunan Teh Rancabali ini umumnya pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan.

Susunan pohon teh yang rapat dan rapi, menjadikannya seperti hamparan luas permadani hijau segar yang sangat sejuk dan nyaman dipandang. Memetik daun teh dan merawat pohon teh mungkin merupakan hal yang berbeda, dan bisa dilakukan oleh orang berbeda pula.

Memandang hamparan hijau Perkebunan Teh Rancabali ini layaknya seperti sedang menikmati seni instalasi yang sesungguhnya. Di sana-sini terdapat pohon-pohon kecil yang ikut memberi suasana pada pemandangan. Sayang sekali hampir tak ada pohon besar yang bisa dipakai sebagai tempat berteduh.

Pucuk-pucuk pohon teh dengan daun yang berwarna hijau kekuningan segar, berketinggian hampir merata mengikuti kontur tanah yang yang bergelombang. Dari dekat terlihat bahwa daun-daun teh itu tak ada yang terpotong separuh atau sebagian untuk membuat permukaan pohon teh terlihat rata. Namun dari jarak agak jauh demikian ketinggian setiap pohon teh itu nyaris sama.

Lintasan jalan yang dibuat bagi para pemetik daun teh di Perkebunan Teh Rancabali ini terlihat seperti sebuah mosaik yang menawan pada bentang beludru hijau pepohonan teh. Perkebunan Teh Rancabali yang dikelilingi perbukitan hijau yang cukup tinggi, menambah keindahan pemandangan.

Keindahan mosaik Perkebunan Teh Rancabali seperti inilah yang selalu menggoda kami untuk sejenak berhenti dan memotret saat melihatnya ketika melintas di jalanan di dekatnya. Lalu lintas yang tak begitu ramai, serta adanya bahu jalan membuat kami bisa berhenti dimana saja dengan tenang.

Dari sepotong ruas jalan terlihat beberapa buah air terjun kecil bertingkat di tepian deret pohon-pohon teh di Perkebunan Teh Rancabali. Air terjun itu berada agak jauh di sebelah kanan jalan yang menuju ke Situ Patengan. Di sana tampaknya terdapat penginapan yang bisa disewa pengunjung jika hendak berwisata di seputaran area Ciwidey yang memiliki sejumlah tempat wisata sangat mengesankan.

Pada sebuah perhentian di tepi jalan, terlihat beberapa orang tengah melakukan pemotretan, yang tampaknya untuk dokumentasi foto pra-resepsi pernikahan. Kabarnya Perkebunan Teh Rancabali memang populer sebagai salah satu tempat yang disenangi pasangan calon penganten dan fotografer untuk membuat foto prewed.

Bentuk mosaik kebun teh itu berbeda-beda di beberapa tempat yang terpisah. Sulit dipercaya jika mosaik indah di Perkebunan Teh Rancabali seperti ini bukan sengaja diciptakan oleh seseorang yang memiliki cita rasa seni dan kemampuan desain yang baik. Perkebunan Teh Rancabali berada dibawah naungan PT Perkebunan Nusantara VIII, sebuah BUMN dengan kegiatan usaha meliputi pembudidayaan tanaman di 41 kebun yang berada di 11 kabupaten / kota di Jawa Barat, termasuk pengolahan dan produksinya, serta penjualan produk komoditinya mulai dari teh, karet, kelapa sawit, kina, dan kakao.

perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey perkebunan teh rancabali ciwidey

Akses: Kendaraan pribadi dari Jakarta lewat tol Cipularang, ambil jalan keluar 32 menuju Jalan Tol Soroja, lanjut Jl Al-Fathu, di perempatan belok ke Jl Ciputih, di pertigaan ke kiri masuk ke Jl Raya Soreang-Ciwidey. Angkutan Umum: Naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, Pulau Gadung (bus Patriot), Lebak Bulus, Kalideres, Tangerang, Bogor jurusan ke Terminal Leuwipanjang Bandung (ongkos sekitar Rp.50.000). Dari Terminal Bus Leuwipanjang, naik angkot ELF atau Bus Putra Setia jurusan Bandung — Ciwidey, turun Ciwidey (Rp.6.000). Dari Ciwidey naik angkot Jurusan Ciwidey - Situ Patengan (Rp.6.000).

Tentang Perkebunan Teh Rancabali

Lokasi: Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan. Lokasi GPS: -7.145289, 107.383206, Waze.

Panduan di Bandung : Rute Bandros / Hotel di Ciwidey / Hotel di Lembang / Tempat Wisata di Bandung / Peta Wisata Bandung / Tempat Wisata di Bandung Selatan / Hotel di Bandung / Hotel Murah di Bandung.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 16, 2021.