AdSense, Tutorial, WordPress

WordPress : Google Adsense Setelah Paragraf Kedua Tulisan

Menampilkan Google Adsense setelah paragraf kedua tulisan adalah salah satu penempatan Adsense dengan hasil terbaik, yang jika dibuka dengan perangkat mobile maka sebagian iklannya muncul di ujung bawah layar. Mungkin ini merupakan cara yang lebih sopan, karena konten muncul lebih dahulu ketimbang iklan.

Ada masa dimana saya juga menempatkan Adsense dengan cara ini, yaitu pada paragraf pertama atau kedua tulisan. Kadang saya mengganti penempatannya di lokasi lain, seperti yang mungkin sekarang anda lihat. Betapa pun baiknya sebuah penempatan, tak merubah sifat manusia yang cenderung mudah bosan, sehingga sesekali mengganti pandangan tentu lebih baik.

Karena akan sangat repot jika harus memasukkan kode script Google Adsense secara manual ke setiap tulisan, dan akan sangat repot lagi dan juga melelahkan ketika akan menggantinya, maka cara yang lebih baik menempatkan Google Adsense Setelah Paragraf Kedua Tulisan adalah meletakkan script-nya di function.php.

google adsense
Script ini saya temukan di sebuah laman web sudah cukup lama, dan tersimpan dalam draft tulisan. Saya terbitkan biasanya lebih sebagai referensi pribadi jika suatu saat memerlukannya lagi untuk dipakai, agar tak perlu repot mencarinya lagi di internet.

Untuk menampilkan Google Adsense Setelah Paragraf Kedua Tulisan di laman self-hosted WordPress, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka function.php
  2. Copy script berikut, paste ke laman function.php yang telah dibuka.
    function insert_ad_block( $text ) {
    if ( is_single() ) :
    $ads_text = 'KodeAdsensAndaDiSini';
    $split_by = "\n";
    $insert_after = 2; //nomor paragraf
    $paragraphs = explode( $split_by, $text);
    $len = count( $paragraphs );
    if ( $len < $insert_after ) $insert_after = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_after, 0, $ads_text ); foreach( $paragraphs as $paragraph ) { $new_text .= $paragraph; } return $new_text; endif; return $text; } add_filter('the_content', 'insert_ad_block');
  3. Ganti KodeAdsensAndaDiSini dengan kode Adsense Anda.
  4. Ganti nomor paragraf dengan nomor menurut kehendak Anda. Save.
  5. Buka sebuah laman untuk cek apakah script bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk login terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.