AdSense, Tutorial, WordPress

WordPress : Google Adsense setelah paragraf kedua dan setelah paragraf lainnya

Tulisan ini adalah panduan bagaimana menampilkan Google Adsense setelah paragraf kedua dan setelah paragraf lainnya, atau menempatkan lebih dari satu Adsense di dalam badan tulisan. Dengan cara ini publisher bisa menempatkan dua atau tiga iklan di dalam tulisan, misalnya setelah paragraf pertama dan setelah paragraf ke delapan.

Pada tulisan sebelumnya telah disebutkan bahwa menempatkan iklan setelah paragraf pertama tulisan merupakan salah satu penempatan Adsense dengan hasil terbaik saat dibuka dengan komputer desktop maupun dengan smartphone. Itu karena iklan akan muncul "di atas lipatan", atau pengunjung bisa langsung melihatnya tanpa perlu menggeser layar ke bawah.

Tips menampilkan Google Adsense setelah paragraf kedua dan setelah paragraf lainnya ini merupakan pengembangan dari tulisan Google Adsense Setelah Paragraf Kedua Tulisan tanpa plugin dengan mengulik mengandalkan logika dan pendekatan coba salah. Ini lebih baik daripada memasukkan kode script Google Adsense secara manual ke setiap tulisan yang tentu akan sangat merepotkan jika suatu ketika ingin menggantinya.

google adsense
Script seperti ini biasanya saya terbitkan lebih sebagai referensi pribadi jika suatu saat memerlukannya, lantaran dicopot pemasangannya karena sesuatu sebab, agar tak perlu repot untuk mencari dan menemukannya lagi. Bagaimana efektivitas penempatan iklan dengan cara ini, dari sisi hasil, masih harus dikaji lagi dengan melakukan eksperimen sendiri, karena setiap blog memiliki karakter pembaca yang berbeda.

Untuk menampilkan Google Adsense setelah paragraf kedua dan setelah paragraf lainnya di laman self-hosted WordPress tanpa plugin, lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Login ke cPanel, back up function.php di subdirectory /wp-content/themes/ThemesAnda/ sebagai langkah standar jika ada masalah. Buka function.php
  2. Salin script berikut, paste ke laman function.php yang telah dibuka.
    function insert_ad_block( $text ) {if ( is_single() ) : $ads_text = 'KodeAdsensAndaDiSini'; $split_by = "\n"; $insert_after = 2; $insert_afters = 8; $paragraphs = explode( $split_by, $text); $len = count( $paragraphs ); if ( $len < $insert_after ) $insert_after = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_after, 0, $ads_text ); if ( $len < $insert_afters ) $insert_afters = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_afters, 0, $ads_text ); foreach( $paragraphs as $paragraph ) { $new_text .= $paragraph; } return $new_text; endif; return $text; } add_filter('the_content', 'insert_ad_block');
  3. Ganti KodeAdsensAndaDiSini dengan kode Adsense Anda.
  4. Ganti nomor paragraf dengan nomor menurut kehendak Anda. Save.
  5. Buka sebuah laman untuk cek apakah script bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk login terlebih dahulu ke situsweb Anda.

Jika kebanyakan tulisan di blog cukup panjang untuk menampilkan tiga buah iklan, maka Anda bisa mengkombinasikan script di tulisan ini dengan script yang ada di tulisan Adsense sebelum paragraf terakhir, atau dengan menggunakan script berikut ini yang merupakan modifikasi dari script di atas.

function insert_ad_block( $text ) {if ( is_single() ) : $ads_text = 'KodeAdsensAndaDiSini'; $split_by = "\n"; $insert_after = 2; $insert_afters = 8; $insert_afterss = 16; $paragraphs = explode( $split_by, $text); $len = count( $paragraphs ); if ( $len < $insert_after ) $insert_after = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_after, 0, $ads_text ); if ( $len < $insert_afters ) $insert_afters = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_afters, 0, $ads_text ); if ( $len < $insert_afterss ) $insert_afterss = $len; array_splice( $paragraphs, $insert_afterss, 0, $ads_text ); foreach( $paragraphs as $paragraph ) { $new_text .= $paragraph; } return $new_text; endif; return $text; } add_filter('the_content', 'insert_ad_block');


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.