Apa Keuntungan HTTPS dibanding HTTP

Pertanyaan yang sering timbul pada blogger adalah apa keuntungan https dibanding http, sehingga mau membayar uang lebih untuk bisa menggunakannya. Kebanyakan blogger mulai menulis dengan menggunakan webhosting gratis seperti blogspot atau wordpress versi gratis. Dengan berjalannya waktu mereka kemudian membeli domain sendiri.

Ada yang tetap di Blogger (Blogspot) dengan redirect ke custom domainnya dan terus bisa menikmati layanan webhosting gratis dengan semua keunggulan dan keterbatasannya, namun banyak yang kemudian migrasi ke wordpress self-hosted dan belajar banyak di sana di lingkungan cms yang baru ini.

Saya termasuk dalam kelompok kedua selama beberapa tahun, sebelum memutuskan kembali lagi ke Blogger, dengan pertimbangan yang akan saya tulis nanti. Namun pertanyaan Apa Keuntungan HTTPS dibanding HTTP masih tetap relevan, baik apakah memutuskan tetap di blogger maupun di wordpress self-hosted, karena keduanya hanya menyediakan http sebagai koneksi standar.

Hyper Text Transfer Protocol Secure (https) adalah versi aman dari http, protokol untuk mengirim dan menerima data diantara browser dan situsweb. Huruf 's' pada akhir https adalah singkatan dari 'secure' atau aman, karena semua komunikasi antara browser dan website telah dienkripsi. Karena itu HTTPS menjadi wajib bagi perbankan online dan toko online.

Tunggu, meskipun situsweb Anda bukan bank atau toko online, simak apa keuntungan https dibanding http sebelum mengambil kesimpulan terlalu cepat untuk tidak menggunakannya.

Keamanan
Saat login ke situs http, karena koneksinya tidak aman, selalu ada kemungkinan data yang anda masukkan akan disadap oleh pihak ketiga. Itu tak akan terjadi jika anda login pada situsweb https.

Reputasi
Jika memakai http maka sebuah tanda akan muncul di browser bahwa koneksi website tidak aman, dan ini bisa menurunkan reputasi atau kepercayaan pengunjung. Sebaliknya, situsweb yang memakai https akan muncul tanda gembok (aman), dan huruf https muncul pada address bar. Sedangkan pada http hanya muncul www atau nama domain dan permalink-nya saja.

Google Ranking Signal
Sejak 2014 mesin pencari Google mulai memberi keuntungan peringkat pada situsweb https sebagai ranking signal. Sama halnya browser, hasil pencarian mesin pencari Google juga memunculkan huruf https pada situs secure. Ini bisa memberi kepercayaan pengunjung untuk mengklik.

Secara ringkas keuntungan https dibanding http adalah melindungi informasi sensitif, menyelesaikan transaksi tanpa risiko kehilangan data, meningkatkan kepercayaan dan keyakinan, menghilangkan peringatan browser dan alert, meningkatkan reputasi, serta menghilangkan risiko phishing dan serangan cyber lainnya.

Selanjutnya, jika menggunakan WordPress, lihat tulisan Bagaimana Redirect HTPP ke HTTPS, dan untuk pemakai Blogger lihat tulisan Cara Redirect ke HTTPS Untuk Custom Domain Blogger Blog. Satu hal yang perlu diketahui adalah, terutama jika Anda telah memiliki reputasi sosial media yang tinggi, hitung angka pada Facebok Like dan Share akan direset menjadi 0 (nol) saat anda pindah dari http ke https. Anda juga perlu melakukan debugging ulang dengan Facebook Debugger serta validasi ulang dengan Twitter Card Validator.

Namun, semakin lama menunda migrasi ke htpps tentu akan semakin tinggi angka reputasi media sosial tulisan-tulisan Anda, dan semakin berat pula untuk pindah. Oleh sebab itu, semakin cepat migrasi ke https akan semakin lebih baik. Pilihan ada pada Anda.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.