AdSense, Tutorial, WordPress

WordPress : Menampilkan Ads Sebelum Paragraf Terakhir

Salah satu hal yang perlu dilakukan dengan Adsense adalah eskperimen penempatan iklan. Adsense sebelum paragraf terakhir di WordPress ini adalah salah satu dari eksperimen itu. Karena struktur blog dan penulisan yang berbeda maka hasil eksperimen ini juga bisa tak sama.

Sebagaimana biasa, saya tidak menganjurkan memakai plugin selagi bisa. Meminimalkan plugin di WordPress adalah prinsip yang baiknya dianut blogger, karena tak semua plugin dibuat ringkas, dan konflik plugin bisa terjadi. Belum lagi jika pembuatnya berhenti memperbarui.

Ada sejumlah saran yang bisa ditemukan di internet untuk bagaimana meletakkan Adsense sebelum paragraf terakhir tulisan. Hipotesanya tentu adalah akan memberi hasil yang lebih baik. Dari sekian saran yang ada, ada satu yang saya pilih dan sudah saya buktikan bahwa cara ini bekerja dengan baik. Tanpa plugin, dan script-nya cukup ringkas.

Meletakkan Adsense Sebelum Paragraf Terakhir Tulisan
Berikut adalah cara praktis tanpa plugin untuk meletakkan Adsense sebelum paragraf terakhir tulisan, yang sumbernya saya dapatkan di sini:

  1. Jika sudah memasang Adsense di bawah tulisan, hapus kode Adsense di bawah tulisan itu, Save, agar tidak dobel nantinya.
  2. Buka function.php
  3. Salin dan masukkan script berikut ini:

    function ads_added_above_last_p($text) {
    if( is_single() ) :
    $ads_text = '<div class="klasAnda">KodeAdsenseAnda</div>';
    if($pos1 = strrpos($text, '<p>')){
    $text1 = substr($text, 0, $pos1);
    $text2 = substr($text, $pos1);
    $text = $text1 . $ads_text . $text2;
    }
    endif;
    return $text;
    }
    add_filter('the_content', 'ads_added_above_last_p');

  4. Save, selesai



Cek dengan membuka salah satu tulisan di Blog, namun pastikan bahwa Anda telah login sebagai admin blog, dan mungkin perlu reload halaman untuk melihat hasil perubahannya.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.